in

Menpora: Pemerintah Tidak Akan Intervensi PSSI

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali saat sidak di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, sebagai persiapan salah satu venue Piala Dunia Piala Dunia U-20, Sabtu (15/10/2022) malam.

HALO SPORT – Pemerintah Indonesia tidak akan memenuhi rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang mendesak PSSI untuk melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) sebelum kompetisi sepak bola dilanjutkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan, KLB PSSI adalah ranah PSSI dengan FIFA selaku federasi tingkat dunia.

“Urusan sepak bola (PSSI) itu ada di atasnya, yaitu FIFA dan kita gak akan masuk ke ranah itu,” ungkap Zainudin Amali usai sidak di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, sebagai persiapan salah satu venue Piala Dunia Piala Dunia U-20, Sabtu (15/10/2022) malam.

Apalagi, sesuai arahan Presiden Joko Widodo akan melakukan komunikasi langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino terkait beberapa hal untuk kemajuan sepak bola nasional.

“Pemerintah tidak akan intervensi,” tegas menteri yang akrab disapa ZA itu.

Intervensi sengaja tidak dilakukan untuk menghindari Indonesia dari ancaman hukuman FIFA. Seperti sebelumnya di tahun 2015, PSSI kena sanksi karena mendapat intervensi keras pemerintah terkait proses pemilihan ketua dan terkait dualisme Arema serta Persebaya.

Kendati demikian, pemerintah tetap akan menerima dan menjalankan rekomendasi TIGPF. Seperti, meminta pemerintah melakukan komunikasi dengan suporter, serta permintaan audit dan memperbaiki seluruh stadion di Indonesia.

Menpora mengungkapkan ini terkait rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) agar PSSI segera melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) dan meminta Mochamad Iriawan atau biasa disapa Iwan Bule mundur dari jabatannya sebagai ketum PSSI sebagai tanggung jawab moral atas terjadinya tragedi Kanjuruhan. Menpora mengatakan terkait sepak bola akan menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI selaku federasi sepak bola nasional dan FIFA.(HS)

Angka Kasus Kecelakaan di Perlintasan KA Tinggi, Masyarakat Diimbau Tidak Beraktivitas di Sepanjang Jalur KA

Ikuti Trail Run di Wanagama, Ganjar Suka Banyak Rute Menantang Masuk Hutan