in

Menkominfo Dorong Tokoh Masyarakat Suarakan Vaksinasi Lewat Media

Menkominfo Dorong Tokoh Masyarakat Suarakan Vaksinasi Lewat Media

HALO SEMARANG – Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya secara masif mengkomunikasikan informasi terkait vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah. Menteri Kominfo Johnny G. Plate mendorong dan mengajak para tokoh masyarakat lebih aktif berbicara melalui media.

Menteri menuturkan tokoh masyarakat memiliki peran penting dalam memberikan edukasi tentang pentingnya vaksinasi. Pasalnya mereka memiliki pengaruh besar pada masyarakat. Paling tidak para tokoh di bidang apa pun seperti agama, pendidikan bisa menyuarakan vaksinasi dengan memanfaatkan media. Dengan demikian, masyakarat dapat menerima informasi yang benar mengenai vaksin.

“Kami mengajak tokoh-tokoh masyarakat lebih aktif berbicara melalui media, memanfaatkan pengaruh positifnya untuk menenangkan masyarakat, mengedukasi tentang pentingnya vaksinasi,” ujar Menkominfo di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

“Mereka bisa memanfaatkan media untuk penyebarluasan informasi yang benar dan bersatu mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia,” kata dia melanjutkan.

Menurut Menkominfo masyarakat perlu mendapat edukasi yang benar terkait vaksinasi agar tidak terpengaruh hoaks yang bertebaran di media sosial. Para tokoh masyarakat bisa membantu menangkal berbagai informasi yang tidak tepat. Mereka juga mendorong masyarakat untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

Hal itu sebagai upaya bersama menekan risiko terpapar dan menghindari gejala berat ataupun kematian akibat Covid-19. Menteri turut mengimbau masyarakat yang belum menerima vaksin segera mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi.
DKI Jakarta, menurut Menteri, menjadi contoh bagaimana efektivitas vaksin terhadap pencegahan infeksi dan penularan virus. DKI menunjukkan angka kematian yang menurun setelah masyarakat mengikuti vaksinasi.

“Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden yang menekankan pentingnya dua upaya terkait penanganan pandemi Covid-19, yaitu disiplin pada protokol kesehatan dan akselerasi program vaksinasi. Data yang dilaporkan Gubernur DKI Jakarta dalam rapat koordinasi, Rabu (21/7/2021), menunjukkan efektivitas vaksin terhadap pencegahan infeksi dan penularan virus Covid-19,” kata Menkominfo.

“Kami mengimbau masyarakat untuk segera mengikuti program vaksinasi di daerah masing-masing, demi melindungi diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai. Pemerintah terus berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia, dengan koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Vaksin terbaik adalah vaksin yang tersedia,” paparnya.

Terkait dengan penangkalan hoaks atau infodemi Covid-19 Kemenkominfo menyediakan kanal yang bisa diakses masyarakat. Di antaranya kanal pemeriksaan fakta untuk klarifikasi hoaks (hoax debunking) mandiri seperti melalui s.id/infovaksin dan s.id/datacovid19id. Masyarakat juga dapat mengadukan konten yang dinilai mengandung informasi yang tidak tepat melalui kanal-kanal seperti salah satunya melalui aduankonten.id. (gonang)

Share This

Lantang Tantang Saudara Seperguruan Khabib

Didampingi IAIN Pekalongan, Sidomulyo Bakal Jadi Model Pengentasan Kemiskinan