in

Menkominfo Ajak Masyarakat Berlebaran Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kedua dari kanan) memgajak masyarakat berlebaran secara digital. (Foto: DOK/kominfo.go.id).

 

HALO SEMARANG – Larangan mudik sudah diterapkan mulai Kamis (6/5/2021). Pemerintah memutuskan melarang untuk mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri demi menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menuturkan kebijakan dari pemerintah tersebut sudah tepat dan merupakan langkah bersama yang juga perlu dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat.

Ajakan untuk tidak mudik pun disampaikan. Menteri Kominfo mengajak seluruh masyarakat untuk tidak melakukan silaturahmi fisik ke kampung halaman saat lebaran.

Sebagai gantinya, Menkominfo mengajak silaturahmi secara virtual. Silaturahmi ini bisa terjalin melalui ruang digital yang sudah marak dipergunakan dalam berbagai kesempatan.

“Kita canangkan bersama-sama melakukan lebaran tahun ini sebagai lebaran digital. Lebaran digital itu keren,” ujar Menkominfo dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) “Jaga Keluarga, Tidak Mudik”, yang digelar secara virtual dari Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Menurut Menteri Johnny silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna yang sebenarnya. Masyarakat tetap bisa menjalin komunikasi yang efektif dengan sanak saudara yang berada nun jauh di sana dengan gawainya.

“Merayakan acara hari besar hari lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada,” katanya.

Menkominfo menyebutkan peniadaan mudik menjadi upaya tegas dan tepat pemerintah untuk memastikan Indonesia segera beranjak dari pandemi. Bahkan masyarakat yang tidak mudik sesungguhnya telah membawa berkah bagi Indonesia dalam menyelesaikan pandemi Covid-19.

“Kita sekalian membantu mendoakan agar berhasil menangani pandemi Covid-19. Tahun lalu pada saat pemerintah mengambil langkah yang tegas, komunikasi publik yang masif, tetap saja terjadi peningkatan Covid-19, lebih dari 90 persen. Tahun ini, dengan semua pelajaran dan pengalaman yang kita miliki, Presiden memerintahkan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dan tegas. Tujuannya satu, menyelesaikan dan memperkecil potensi penyebaran virus Covid-19,” ujar dia menegaskan.

Dukungan Layanan Telekomunikasi

Dalam mewujudkan lebaran digital, Kementerian Kominfo memastikan jaringan telekomunikasi berkualitas dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai wilayah. Dengan menggandeng sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler, Kementerian Kominfo akan menyediakan trafik paket data (bandwith) yang sangat besar. Semua itu, menurut Menkominfo ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan lebaran virtual melalui aplikasi-aplikasi daring.

“Hal ini penting, demi kelancaran proses lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini,” tandasnya.

“Lebaran sebaiknya dengan memanfaatkan teknologi, kami menyiapkan bandwith yang cukup besar untuk menjaga agar komunikasi tetap dilakukan secara berkualitas,” tuturnya.

Menteri Johnny berharap masyarakat bisa merayakan Hari Raya Idulfitri secara virtual dengan penuh suka cita. Meski tidak bersua secara fisik, mereka dapat melakukan komunikasi dengan sanak saudara melalui sambungan telekomunikasi berkualitas dalam beberapa waktu ke depan.

Menteri Johnny menyatakan sarana infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang disiapkan itu juga memenuhi keinginan masyarakat ketika ingin berbelanja secara digital.

“Kampanye Bangga Buatan Indonesia melalui belanja online itu disiapkan, masyarakat perlu memanfaatkan dan menggunakan ini dengan baik. Mereka tidak harus pergi sendiri ke pasar-pasar, ke toko-toko. Kalau memang harus ke pasar-pasar, ke toko-toko perhatikan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya.

Menkominfo meyakini, dengan segala kekuatan yang dimiliki, pemerintah terus memastikan perayaan bulan suci Ramadan dan lebaran dapat dilakukan secara virtual yang memadai.

“Merayakan hari lebaran nanti secara tetap meriah dalam keluarga sendiri dan berkomunikasi dengan tentu meriah lagi dengan memanfaatkan teknologi. Kami menyiapkan bandwidth yang cukup, kami juga menjaga agar komunikasi, ekspresi rasa dan suka cita dapat dilakukan di dalam ruang digital yang lebih baik di tahun ini,” kata Menkominfo.(HS)

Share This

Serunya Lomba Azan di Lapas Semarang

Bersama Pemkab Sragen, Bank Jateng Bagikan 1.000 Paket Sembako