Menjadi yang Tercepat dalam Tes Privat

Aleix Espargaro/dok.

 

HALO SPORT – Aleix Espargaro boleh mengikuti tes privat karena status Aprilia Racing Team Gresini sebagai satu-satunya pabrikan konsesi pada MotoGP 2021.

Pembalap Spanyol berusia 31 tahun ini menutup tes selama dua hari dengan total 177 putaran dan mencatat waktu lap tercepat.

Aleix mencetak waktu lap terbaik 1 menit 37,747 detik. Dia unggul 0,5 detik atas pembalap penguji Honda, Stefan Bradl.

Meski demikian, Espargaro menyadari kekuatan RS-GP baru bisa diuji saat kompetisi yang sesungguhnya. Dia mengaku tidak sabar mengikuti tes pramusim pada awal Maret nanti.

Espargaro juga berharap Kepala Tim Gresini, Fausto Gresini, bisa bergabung. Gresini masih berjuang untuk sembuh dari komplikasi serius setelah terpapar Covid-19 pada Desember lalu.

‘’Sekarang kami menunggu tes di Qatar. Kami akan bergabung dengan pembalap lain dan memahami level kami yang sebenarnya,’’ ujar Espargaro seperti dilansir dari The Race.

Tes pramusim MotoGP bakal berlangsung selama lima hari di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret. Espargaro akan kembali mencuri start lantaran berhak turun pada tes shakedown pada 5 Maret bersama pembalap rookie dan pembalap penguji di MotoGP.

Alex menyatakan optimistis dengan peluang yang dimilikinya pada musim ini. Dia berusaha melupakan kekecewaannya atas hasil buruk pada musim lalu.

Motor Aprilia RS-GP tidak menunjukkan kemajuan masif kendati telah dirombak pada musim 2020. Janji Aprilia untuk meningkatkan performa RS-GP menjadi salah satu alasan Espargaro membatalkan ultimatum pensiun dari MotoGP.

Selama empat musim Aleix mengalami kesulitan bersama pabrikan asal Noale itu. Dia hanya mampu mencatat hasil terbaik finis di posisi ketujuh selama empat musim memperkuat Aprilia.

Posisi terbaiknya di klasemen cuma peringkat ke-14. Espargaro sebenarnya bukan pembalap jelek.

Dia membuktikan kecepatannya dengan hasil podium ketika memperkuat tim Forward Yamaha pada 2014. Dia juga selalu mengungguli rekan-rekan setimnya di Aprilia.

‘’Basis dari motor RS-GP 2021 pastinya menjanjikan. Masih ada banyak pekerjaan yang belum selesai, terutama soal tenaga mesin. Namun, terkait aspek ergonomi, sasis, dan elektronik sudaha ada kemajuan yang signifikan,’’ tegasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.