in

Menhub Minta Operator Transportasi Umum Tak Jual Tiket Mudik Melebihi Harga Batas Atas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bersama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memberikan keterangan Rapat Koordinasi di Mabes Polri Jakarta, Kamis (6/4/2023). (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

HALO SEMARANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meminta seluruh pengusaha transportasi umum, untuk tidak menjual tiket, melebihi ketentuan batas atas, khususnya pada puncak arus mudik dan balik Lebaran 2023.

“Kalau pun ada tiket-tiket pada hari puncak mudik juga akan memberikan satu tekanan kepada para operator agar tidak melakukan penjualan tiket melebihi batas atas,” kata Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, setelah Rapat Koordinasi di Mabes Polri Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Lebih lanjut, pemerintah juga memberikan diskon untuk tiket pesawat, kereta api, dan bus di arus mudik dan arus balik.

Selain untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, pemberian tiket diskon juga diharapkan mampu mencegah masyarakat pergi mudik menggunakan sepeda motor.

Tentunya selain program mudik gratis yang juga disediakan pemerintah.

“Kami mengimbau dengan segala kerendahan hati supaya seyogianya tidak mengendarai motor. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, semua kementerian dan juga Polri menyediakan bus mudik gratis, ada juga kapal, dan kereta api,” ucap Menteri Budi.

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran 2023 pada 19-25 April 2023. Sebanyak 123,8 juta orang diperkirakan ada melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, usai rapat koordinasi lintas sektoral persiapan mudik Lebaran 2023, Kamis (6/4/23).

“Akan ada pemberian diskon jalur mudik udara dan jalan tol,” ujarnya usai rapat koordinasi, seperti dirilis tribratanews.polri.go.id.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono, menerangkan bahwa penerapan diskon jalan tol berlaku di dua jalur saja. Namun pihaknya mengaku tengah mengusahakan diskon di jalur lainnya.

“Baru di dua itu aja, di Cikampek Utama dan di Kaliurip,” jelasnya.

Ia menegaskan, pemberlakuan diskon guna memecah kepadatan pemudik. Sebab, ada masa pemberlakuan diskon tersebut.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan akan memberlakukan diskon sebesar 20%, untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Diskon tarif tol 20% ini, hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, dalam siaran pers yang disampaikan melalui laman Jasa Marga, menjelaskan pemberlakuan diskon tarif tol 20% ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama tanggal-tanggal yang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Dia mengemukakan, Jasa Marga telah memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66), akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023.

Saat itu diperkirakan, jalan tol akan dilalui 138 ribu kendaraan atau meningkat 154 %, dibandingkan dengan lalu lintas normal (54 ribu kendaraan) atau naik 2% dari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 (135 ribu kendaraan).

Sementara itu, untuk puncak arus balik, Jasa Marga memprediksi terjadi pada H+2 atau Selasa, 25 April 2023,

Saat itu sebanyak 178 ribu kendaraan akan melalui jalan tol, atau meningkat 237% dibandingkan normal (53 ribu kendaraan) atau naik 5% dibanding Puncak Arus Balik Lebaran 2022 (170 ribu kendaraan).

“Berdasarkan inilah, diskon tidak diberikan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” ujar Subakti.

Subakti berharap diskon tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik lagi.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20% di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB. Tidak hanya pada arus mudik, Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20% di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik yaitu pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Besaran diskon tarif tol 20% untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebagai berikut:

Kendaraan Golongan I: Semula Rp20.000 menjadi Rp16.000, diskon sebesar Rp 4.000

Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp30.000 menjadi Rp24.000, diskon sebesar Rp6.000

Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp40.000 menjadi Rp32.000, diskon sebesar Rp8.000

“Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal,” kata dia.

Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa.

Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol.

Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Aktif untuk perbarui informasi lalu lintas terutama cek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari Kepolisian yang bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga. (HS-08)

Pemerintah Beri Diskon Jalan Tol pada Masa Mudik Lebaran

Dyah Ayu Rizka Wulandari, Mahasiswi USM yang Jago Taekwon-do dan Finalis Putri Indonesia Jateng 2022