in

Mengisi Ramadan Bulan Penuh Berkah, Bupati Sragen Bagikan 1.952 Paket Sembako untuk Kaum Duafa

Sejumlah warga menenteng bantuan paket sembako, yang mereka terima dari Pemkab Sragen, Jumat (29/3/2024). (Foto : sragenkab.go.id)

 

HALO SRAGEN – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Sragen H Suroto, membagikan bingkisan sembako, di halaman rumah dinas Bupati Sragen, Jumat (29/3/2024).

Kegiatan yang dihadiri  anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Untung Wibowo Sukawati tersebut, merupakan wujud kepedulian Pemkab Sragen kepada kaum dhuafa.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengatakan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan.

Selain dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, umat Islam juga dianjurkan untuk bersedekah dan menebar kebaikan. Pahala sedekah di Bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Dalam kegiatan Safari Ramadan itu, sebanyak 1.952 paket sembako dibagikan kepada tukang becak (baik kayuh maupun bentor), kusir bendi, tukang parkir, buruh gendong Pasar Bunder, kuli panggul Pasar Bunder, Manol Pasar Nglangon, petugas sampah hingga PKL yang telah terdata di paguyuban-paguyuban.

Ribuan paket sembako tersebut, masing-masing berisi beras 3 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, 1 botol kecap, teh 1 pak senilai Rp120 ribu.

Paket bantuan diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Sragen, serta dibantu petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas LH, BPBD, dan para relawan dari Tagana.

“Hari ini semua dikumpulkan di halaman Pendopo bersama Ibu Bupati dan Bapak Wakil Bupati, kami berdua atas nama Pemerintah Kabupaten Sragen berbagi sedikit rejeki dari beberapa CSR (Perusahaan Daerah) di Sragen ada Baznas, Matra dari ASN untuk dibelikan sembako untuk warga Kabupaten Sragen,” kata dia, seperti dirilis sragenkab.go.id.

Pemberian paket sembako ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Pemkab Sragen selama delapan tahun kepemimpinan Bupati Sragen.

Bahkan yang membuat Bupati surprise ternyata hampir seluruh penerima paket sembako hari ini telah menerima paket sembako pula selama delapan tahun berturut-turut.

“Karena Ramadhan itu adalah bulan yang penuh berkah, dengan kita bershodaqoh tentu akan meringankan beban bagi yang membutuhkan. Mudah-mudahan Bapak Ibu dapat menerima dengan ikhlas.”katanya.

Ditambahkannya pembagian sembako diawali dengan pendataan peserta di masing-masing paguyuban.

Hal itu dilakukan agar seluruh proses pembagian sembako dapat tepat sasaran karena kupon diserahkan langsung kepada paguyuban.

Di tempat terpisah, Bupati Yuni mengatakan pihaknya memberikan kesempatan jika ada yang datang tidak membawa kupon. Seperti tahun-tahun sebelumnya pihaknya akan melayani pemberian sembako setelah selesai acara.

Ia menerangkan pembagian sembako kali ini merupakan program Safari Ramadhan yang rutin dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sragen selama delapan tahun dirinya menjabat. Ia berharap kedepan Bupati yang akan datang dapat meneruskan program-program yang baik sehingga sustainable Pembangunan itu dapat berjalan.

“Selama satu jam, 1.952 paket sembako telah kita bagikan dengan lancar. Terimakasih dukungannya kepada seluruh donatur dan CSR Perusahaan, Baznas Sragen. Semoga Berkah Barokah untuk semuanya dan untuk Kabupaten Sragen.”ungkapnya.

Sementara salah satu penerima bantuan sembako Sunarni (buruh gendong pasar Bunder) asal Gesi mengatakan rasa bahagianya menerima bantuan sembako karena bantuan ini dapat membantu keluarganya dikarenakan saat ini sepinya pengunjung pasar pada bulan puasa sehingga berpengaruh pada upahnya. (HS-08)

Pastikan Tidak Ada Kecurangan, Sejumlah Polres dan Metrologi di Jateng Sidak ke SPBU

Pemkab Cilacap Akan Gelar Pasar Murah Jelang Idulfitri