in

Mengerikan, Lubang Ini Kian Besar dan Mengancam Rumah

Sinkhole di Negara Bagian Puebla, Meksiko. (Foto : Phys)

 

HALO SEMARANG – Peristiwa mengerikan terjadi di Negara Bagian Puebla, Meksiko.  Sebuah lubang besar (sinkhole) muncul di sebuah lahan pertanian dan kian melebar hingga mengancam rumah di dekatnya.

Peristiwa itu kali pertama diketahui keluarga Sanchez, pemilik rumah itu. Sabtu lalu mereka mendengar dentuman keras, yang dikira sambaran petir. Tetapi setelah mengecek ke asal suara, keluarga yang tinggal di Santa Maria Zacatepec, Meksiko tersebut menemukan bahwa tanah yang hanya beberapa meter dari rumah mereka telah runtuh.

Yang mengerikan, lubang penuh air yang pada Minggu hanya selebar sekitar 30 meter persegi itu, sehari kemudian sudah melebar menjadi 60 meter persegi. Bahkan sehari kemudian, lubang tersebut sudah menjadi 80 meter persegi, dan mendekati rumah keluarga Sanchez.

“Kami tidak punya apa-apa. Kami bukan dari sini. Kami tidak punya kerabat. Kami sendirian,” kata Heriberto Sanchez, yang berasal dari negara bagian Veracruz di tenggara, kepada media.

Seperti dirilis Phys, para ilmuwan yang menyelidiki peristiwa itu, mempertimbangkan hipotesis adanya patahan geologis atau karena faktor air tanah sebagai penyebabnya.

Ketika lubang membesar, bongkahan besar tanah terus-menerus terlepas dari tepinya, hal itu membuat takut setiap orang yang melihat.

Dalam sebuah video yang diposting di media sosial, dua pria terlihat mendekati lubang. Tetapi ketika tanah kembali runtuh dan lubang melebar, orang-orang itu pun segera lari tunggang langgang menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

“Itu akan tumbuh sampai alam memutuskan, ketika air berhenti memberikan tekanan,” kata Gubernur Negara Bagian Puebla, Miguel Barbosa.

Menurut dia, saat ini pihaknya mengutamakan keselamatan publik. Dia juga menambahkan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak. (HS-08)

Share This

Wapres Dorong Empat Langkah Strategis untuk Kuasai Pasar Halal Dunia

Patroli Bersepeda, Polwan Magelang Sosialisasikan Prokes