in

Mengangkat Kopi Asli Kendal, Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Maftukhin, Ketua PKBM Bina Warga Kecamatan Pegandon.

 

HALO KENDAL – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Warga, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal tengah menyiapkan produk kopi asli Kendal dalam bentuk sachet dengan kemasan yang menarik.

Produk ini memilih kopi kualitas terbaik atau level premium yang berasal dari petani Kendal. Satu sachet kopi asli ini siap seduh dalam satu gelas.

Ketua PKBM Bina Warga Kecamatan Pegandon, Maftukhin mengatakan, produk kopi asli Kendal ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan kopi di beberapa cafe binaan PKBM Bina Warga.

“Tujuan utamanya adalah mengangkat produk kopi asli Kendal agar semakin dikenal. Harapannya juga bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Kendal,” terangnya, Minggu (15/8/2021).

Sebenarnya, menurut Maftukhin, kualitas kopi Kendal tidak kalah dengan kopi daerah lain yang sudah dikenal. Namun perlu dibranding supaya semakin dikenal sampai ke luar daerah.

“PKBM Bina Warga tiap tahun membuka pelatihan barista yang pesertanya banyak dari lulusan SLTA,” ujarnya.

Dari pelatihan barista ini, diharapkan bisa mencetak ahli barista yang bisa bekerja di cafe atau membuka usaha cafe sendiri, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan ikut mempromosikan produk kopi asal Kendal.

“Cafe binaan PKBM Bina Warga di antaranya Nawa Cafe di Pegandon, cafe di depan RSI Weleri, juga ada yang buka cafe di Ringinarum, dan yang baru buka bulan lalu Yawa Cafe di sebelah timur Pasar Srogo Pegandon,” jelas Maftukhin.

Dirinya berharap, kopi asli Kendal kemasan sachet bisa terus berkembang, sehingga ke depan bisa menyuplai untuk cafe maupun angkringan di Kabupaten Kendal.

“Untuk itu harus ada dukungan dari Pemda Kendal, karena akan meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Kendal. Harapannya ke depan, angkringan di Kendal menyajikan kopi asli Kendal dalam bentuk sachet ini,” ungkap Maftukhin.

Sementara Pengelola Yawa Cafe binaan PKBM Bina Warga, Luluk Nur Nadiyya Syafira mengatakan, menu utama cafe yang baru buka beberapa bulan itu adalah kopi asli Kendal.

“Ada banyak varian minuman yang disajikan, selain menu makanan. Menu utama kopi asli Kendal, baik diminum di tempat maupun dalam bentuk kemasan,” jelasnya.

Produk kopi asli Kendal dalam kemasan sachet ini sudah mulai dipasarkan di beberapa toko di Kendal. Selain itu juga sudah menjadi menu utama di beberapa cafe di Kendal.(HS)

Share This

167 Santri Ikuti Seleksi Beasiswa Penghafal Al-Quran Oleh Baznas Kendal

Serunya Aksi Anak-anak Saat Mengikuti Lomba Menyambut Hari Kemerdekaan