Mengakhiri di Jerman, Memulai Lagi di Jerman

Xabi Alonso/dok.

 

HALO SPORT – Mengakhiri karier sebagai pemain di Jerman, Xabi Alonso akan memulai karier pelatih profesialnya juga di tanah Bavaria.

Alonso, kini 39 tahun, gantung sepatu secara resmi bersama Bayern Munich pada 2017. Dia kemudian dipercaya menukangi Real Sociedad B.

Mulai musim depan, mantan gelandang top Spanyol ini dipercaya membesut Borussia Moenchengladbach. Xabi menggantikan Marco Rose yang hengkang ke Borussia Dortmund.

Menurut Bild, Alonso akan diumumkan sebagai pelatih Gladbach pada Juni mendatang. Saat ini dia masih bersama Sociedad B.

Semasa aktif bermain, Xabi pernah memperkuat klub-klub top seperti Liverpool, Real Madrid, dan Bayern dengan memenangi segudang gelar juara termasuk dua Liga Champions.

Di Timnas Spanyol, Alonso membuat debut pada 2003 dan mengoleksi 114 caps. Dia tampil di tiga Piala Dunia (2006, 2010, 2014) dan tiga Piala Eropa (2004, 2008, 2012).

Alonso sukses memenangi dua medali emas Eropa dan sekali Piala Dunia. Dia mengambil kursi pelatih UEFA Elite sembari melatih tim Real Madrid U-14. Sejak 2019, Xabi membesut Sociedad B.

Semasa berjaya, Alonso dikenal dengan umpan-umpan terukurnya, Dia juga punya tendangan mematikan.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.