Menengok Wana Wisata Edukasi Taman Buah Sidomakmur Kaliwungu, yang Menawarkan Keindahan Alam Hutan Kendal

Wana Wisata Edukasi Taman Buah Sidomakmur Kaliwungu Selatan di Desa Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

 

HALO KENDAL – Pemerintah Desa Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal bersama BUMDes dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), merintis objek wisata dengan nama Taman Buah Sidomakmur Kaliwungu Selatan.

Menempati lahan seluas 10 hektare milik Perhutani KPH Kendal, wana wiisata Taman Buah Sidomakmur mudah dijangkau, karena berada di pinggir jalan desa.

Kepala Desa Sidomakmur, Bambang Sukaryono mengatakan, taman wisata buah ini disiapkan menjadi wisata terpadu, yakni wisata pendidikan, swafoto, wisata air, dan wisata fun game.

“Saat ini yang digarap baru 4 hektare, yang ditanami banyak jenis pohon buah-buahan dan dilengkapi dengan taman. Insya-Allah bulan Oktober, rencana kami akan opening ceremony dan tempat ini dibuka untuk umum,” ujarnya, Sabtu (15/8/2020).

Dikatakan, pihaknya sudah mencoba sebuah wana wisata dengan konsep kebun buah dan melestarikan keaneka ragaman holtikultura.

“Kami tanami sawo lokal, mangga, kedondong, durian, alpukat, sirsak, dan sebagainya,” tutur Bambang.

Menurutnya, di lahan wana wisata ini juga disediakan lahan untuk perkemahan dan lapangan untuk pentas kesenian. Dengan lahan parkir luas, toilet bersih, serta pepohonan jati yang berderet rapi, menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata tersebut.

“Bagi pengunjung yang suka petualangan, kami sediakan rumah pohon dan jembatan kayu,” ujar Bambang.

Ditambahkan, animo masyarakat cukup tinggi dengan adanya wana wisata ini. Menurut Bambang, dari data desa, selama ini pengunjung bisa mencapai ratusan setiap minggunya.

“Sementara ini kami masih menggratiskan pengunjung yang ingin menikmati wana wisata taman buah ini. Dalam perkembangan nanti, kami akan adakan loket untuk penjualan tiket,” imbuhnya.

Bambang mengaku, saat ini pihaknya sedang melakukan beberapa pembenahan. Mulai dari pembersihan lokasi, penambahan taman, pembangunan jalan serta fasilitas lainnnya. Sehingga Oktober nanti sudah siap untuk ceremony.

Salah saru pengunjung, Handayani (42) mengatakan, dirinya bersama suami dan anak-anaknya sengaja datang ke tempat itu untuk mencoba wisata taman buah, yang berada di tengah hutan.

Menurutnya wisata di wilayah Kaliwungu atas ini sangat indah. Apalagi ditambah dengan beberapa fasilitas, menambah nyaman para pengunjung yang datang, untuk melepas kepanatan.

“Dengan konsep wisata terpadu, kalau sudah diresmikan pasti akan semakin menarik dan banyak pengunjung yang datang,” ungkap.

Meski gratis, namun pengelola tetap menjalankan protokol kesehatan, apalagi di tengah pandemi. Hal ini terlihat dengan disediakannya tempat cuci tangan dan sabun, serta imbauan untuk jaga jarak.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.