in

Memonitor Vaksinasi Tahap Dua Untuk Guru, Bupati Minta Warga Tetap Disiplin Prokes

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, kembali memantau vaksinasi di Gedung Adipura Kencana. (Foto: Wonosobokab.go.id)

 

HALO WONOSOBO – Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, mengajak warganya untuk bersedia mendapat vaksin Covid-19. Semakin banyak warga yang menerima vaksin, akan menjadi kekuatan ikhtiar bersama dalam upaya memerangi pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo.

Hal itu disampaikan Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, saat meninjau vaksinasi di Gedung Adipura Kencana, beberapa waktu lalu. Pemantauan tersebut selain untuk mengetahui perkembangan program ini, juga memberikan semangat kepada petugas kesehatan dan masyarakat.

Menurut Bupati, pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini.

“Mari kita kenali lebih jauh tentang vaksinasi, sehingga kita lebih yakin tentang pentingnya melakukan vaksinasi Covid-19, sebagai upaya pencegahan Covid-19,” kata dia, seperti diirlis Wonosobokab.go.id.

Menurut dia, vaksin dapat merangsang pembentukan imunitas tubuh. Hal ini sebagai upaya pencegahan primer yang sangat andal terhadap suatu penyakit.

Dengan prosedur vaksinasi yang benar, diharapkan akan diperoleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman, dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang minimal.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Wonosobo, agar ikut berperan aktif dalam upaya memutus penyebaran Covid 19. Upaya yang dapat dilakukan, selain vaksinasi adalah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 5 M.

Selain itu desinfeksi ruang publik dan lingkungan juga diperlukan untuk menjaga kebersihan serta mengurangi kepadatan virus di lingkungan sekitar.

“Tidak bosan kami mengingatkan, pandemi ini belum usai, kami minta kepada seluruh masyarakat Wonosobo, agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M dan mematuhi segala imbauan agar pandemi ini segera usai,” kata dia.

Dalam acara itu, Bupati juga mengecek kesiapan ambulans Wonosobo Emergency Safety 119, yang dimiliki Dinkes. Ambulans ini sebagai reaksi cepat jika ada panggilan darurat.

Sasaran Guru

Sementara itu Kabid P2P Dinas Kesehatan Wonosobo, Jaelan mengungkapkan vaksinasi di Gedung Adipura Kencana tersebut, dilaksanakan untuk melayani 450 orang, terdiri atas guru dan tenaga kependidikan. Dan ini merupakan vaksinasi tahap kedua.

“Ini vaksin tahap kedua dengan sasaran guru dan tenaga kependidikan, dengan jumlah 450 orang,” ungkapnya.

Jaelan menambahkan dengan terlaksananya vaksinasi tersbut, total penduduk yang sudah divaksinasi dosis satu sebanyak 76.092 orang (12%). Dan untuk dosis dua sebanyak 39.598 orang (6%).  Sementara jumlah sasaran sebanyak 688.468 orang. (HS-08)

Share This

Patuhi PPKM, Bakmi Jumali Ketandan, Buka Siang Hari Layani Antar Pesan

Aksi Solidaritas, PKK Banyumas dan Pramuka Bagikan Nasi pada Warga