in

Memenuhi Persyaratan, Sembilan Objek Wisata di Kendal Sudah Beroperasi

Foto ilustrasi: Objek wisata Curugsewu Kendal. (Foto dok Instagram @pesona_kendal).

 

HALO KENDAL – Dengan menurunnya angka jumlah terpapar Covid-19, sembilan tempat wisata di Kabupaten Kendal mulai Sabtu (4/9/2021) kemarin sudah mulai beroperasi kembali.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi saat dikonfirmasi halosemarang.id, Minggu (5/9/2021).

Menurutnya, sembilan tempat wisata itu yakni Pantai Ngebum, Pantai Indah Kemangi, Pantai Cahaya, Tirto Arum Baru, Curug Sewu, Sendang Sikucing, Omahe Opa, River Walk dan Kolam Renang Boja.

“Tempat wisata yang diizinkan beroperasi, harus yang benar-benar tempat wisata sehat dan memenuhi persyaratan,” ujar Wahyu.

Disebutkan, persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya, melengkapi sarana prasarana prokes, menerapkan reservasi online, penerapan vaksinasi melalui aplikasi Pedulilindungi dan lainnya.

Selain prokes, objek wisata yang buka kapasitas pengunjungnya dibatasi hanya 25 persen.

“Kami sudah keluarkan petunjuk teknis, sehingga tidak semuanya nanti bisa dibuka. Jadi hanya yang memenuhi syarat yang nantinya kita izinkan untuk buka,” jelas Wahyu.

Sebelumnya, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, tempat wisata dan fasilitas publik dibuka setelah Kabupaten Kendal berstatus level 2.

“Selain itu, dibukanya pariwisata ini bertujuan untuk memulihkan kembali ekonomi masyarakat, terutama UMKM yang berjualan di lokasi pariwisata,” kata Bupati.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan evaluasi terhadap tempat wisata yang sudah mendapat izin buka.

“Hal itu untuk memastikan tempat wisata tersebut benar-benar mematuhi aturan sesuai juknis. Sehingga menjadi wisata sehat. Jadi dibuka dulu, sambil jalan kita evaluasi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Agrowisata Tirto Arum Baru, Sri Sarwo Utomo mengaku bersyukur dengan diizinkannya objek wisata yang ia kelola dibuka untuk umum.

Terkait kelengkapan sarana prasarana protokol kesehatan dan persyaratan reservasi online, pihaknya juga sudah mempersiapkan dengan matang.

Alhamdulillah, sudah mulai buka untuk umum. Untuk kapasitas pengunjung harus kami batasi sesuai juknis dari Disporapar Kendal. Harapan kami, semoga bisa terus membaik,” ungkap Utomo.(HS)

Share This

Tiga Tahun Ganjar-Yasin Mengabdi, Fokus Genjot Digitalisasi UMKM

Polres Purbalingga Buru Pencuri Mobil di Tlahab Kidul