in

Memaknai Sumpah Pemuda Sebagai Pemersatu Bangsa

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko

HALO SEMARANG – Jumat, 28 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Pada hari ini diperingati lahirnya sebuah janji bahwa pemuda Indonesia berbangsa satu, bertanah air satu, dan berbahasa satu, Indonesia. Peristiwa Sumpah Pemuda diawali dengan Kongres Pemuda I pada 30 April sampai 2 Mei 1926 dan Kongres Pemuda II pada 26, 27, dan 28 Oktober 1928. Tokoh-tokoh yang terlibat adalah para founding father Indonesia, seperti Soekarno, Hatta, Ahmad Yamin, serta organisasi-organisasi pemuda yang sudah terbentuk sebelum 1928.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko mengatakan, momen peringatan Sumpah Pemuda diharapkan bisa menjadi pemicu semangat pemersatu bangsa.

“Sumpah pemuda memberikan inspirasi semangat menjaga persatuan dan kesatuan. Oleh karenanya, hal itu perlu menjiwai olah semua pihak, khususnya sebagai persiapan menghadapi konstelasi politik nasional jelang Pemilu 2024 mendatang,” kata politisi Gerindra ini.

Dikatakan, konstelasi politik jelang Pemilu 2024 akan memberikan pengaruh pada kondisi sosial masyarakat. Maka untuk itu, dirinya berharap semua pihak bisa memaknai semangat sumpah pemuda, sebagai upaya memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Polarisasi mencemaskan antara pendukung calon presiden di Pemilu 2019 lalu diharapkan tak terulang di Pemilu 2024 nanti.

“Sehingga meski dinamika politik nasional akan selalu berkembang, namun tetap dalam kerangka persatuan,” ujarnya.

Dikatakan, perlu mengingat bagaimana dahulu para pemuda menyatukan visi kebangsaan, di mana persatuan menjadi tujuan utama di atas kepentingan kelompok dan golongan.

“Spirit tersebut harus kita teladani bersama, sehingga meskipun kita berkontestasi secara politik, semangat persatuan dan kepentingan nasional harus diutamakan. Mari bersama meneladani semangat pemuda, agar bangsa ini semakin kokoh, berdaya saing dan mampu bertahan dalam percaturan internasional. Sehingga, cita cita nasional akan bisa terwujud dengan baik,” paparnya.

Isu Pembangunan

Sementara dalam upacara Hari Sumpah Pemuda tingkat provinsi yang dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Wonosobo, Jumat (28/10/2022), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat untuk kembali menggenjot semangat nasionalisme. Tema Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini yakni ‘Bersatu Bangun Bangsa.’

Saat memberikan sambutan, Ganjar menekankan pada dunia pendidikan. Ia berharap kaum muda tetap terlibat dalam isu pembangunan dan semua pihak harus bisa mendukung semangat kaum muda tersebut.

“Jangan jadi penghambat dengan berbagai aturan. Kaum muda (juga) boleh main tapi tetap bangkit untuk Indonesia,” tegas gubernur.

Dalam upacara itu, turut hadir Pimpinan DPRD Provinsi Jateng yang diwakilkan oleh Anggota Komisi A, Isnaeni. Pada kesempatan itu, ia juga berharap kaum muda bisa kompak membangun daerahnya.

“Seperti saat ini, tidak hanya kaum muda tapi ibu-ibu juga kompak saat melakukan senam bersama. Untuk itu, dengan kebersamaan ini, maka kita semakin mampu menjaga keutuhan NKRI,” kata Isnaeni usai mengikuti senam bersama gubernur dan pejabat forkompinda seusai upacara Hari Sumpah Pemuda.(Advetorial-HS)

Pemkot Semarang Gelar Semarang Flower Festival Pertama di Jawa Tengah

Ribuan Bregada Doakan Ganjar di Tugu Jogja