Melantik Pengurus Secara Virtual, Ini Pesan Gus Tutut untuk Pengurus dan Kader PC GP Ansor Kabupaten Kendal

Prosesi pelantikan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kendal masa 2020-2024, yang dilantik secara virtual oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, di Gedung Paripurna DPRD Kendal, Minggu (26/7/2020).

 

HALO KENDAL – Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kendal masa 2020-2024, dilantik secara virtual oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, di Gedung Paripurna DPRD Kendal, Minggu (26/7/2020).

Acara juga dihadiri Kabag Kesra, Fahrurrozi mewakili Bupati Kendal, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Sholahudin Aly, dan Dewan Penasihat PC GP Ansor Kendal, Muhammad Ulil Amri.

Turut hadir dalam acara tersebut, Tino Indra Wardono selaku wakil ketua PW Ansor Jateng dan juga tamu undangan dari organisasi kepemudaan dan para pengurus serta kader Ansor se-Kabupaten Kendal.

Usai melantik Ketua PC GP Ansor Kendal masa khidmat 2020-2024, Misbachul Munir dan jajaran, Ketua Umum PP Ansor, Gus Tutut, sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada seluruh kader Ansor dan Banser untuk tetap solid dan waspada, terhadap kelompok-kelompok yang selalu merongrong dan mengganggu kebhinekaan serta keutuhan NKRI.

Menurutnya, saat ini masih ada kelompok-kelompok yang ingin mengubah negara Indonesia menjadi negara khilafah.

Untuk itu, dia meminta seluruh kader Ansor dan Banser untuk tetap waspada, tidak mudah terpancing, solid satu komando, dan selalu siap dalam menjaga tegak berdirinya NKRI.

“Ketua, sekretaris, dan juga pengurus jangan hanya menyimpan SK saja, tidak berbuat apa-apa. Buatlah kegiatan, program yang bermanfaat bagi anggota, lingkungan, dan masyarakat banyak,” tandas Gus Tutut.

Sementara itu Ketua Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Sholahuddin Aly dalam sambutannya sempat menanyakan ketidak hadiran Bupati Kendal dalam pelantikan pengurus PC GP Ansor Kendal ini.

“Ini kan momentum penting kok tidak hadir, ada apa ini? Apa karena ada Kang Makmun (Ketua DPRD Kendal-red), apa karena ada Mas Tino atau karena tidak butuh lagi dengan Ansor,” ujarnya berseloroh.

Menurutnya, dengan munculnya beberapa kader Ansor, yang mengajukan diri untuk maju dalam dalm pilkada tahun ini, Gus Sholah sapaan akrabnya mengaku bahwa hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi Ansor.

“Banyak kader yang mengajukan diri untuk maju di Pilkada 2020, setidaknya itu tersimpan sebuah pengakuan dari masyarakat. Itu hak mereka, karena Ansor dalam hal ini bersikap netral tidak mau terlibat dalam politik,” tandasnya.

Dirinya berharap di Pilkada Kendal ada salah satu kader yang jadi, namun dia menegaskan bahwa, Ansor itu bukan partai yang secara organisasi tidak bisa terlibat langsung dalam perpolitikan.

“Saya juga berharap ke depan pengurus yang baru dilantik tetap fokus kepada khidmat berorganisasi dan pemberdayaan masyarakat bersama seluruh komponen untuk membangun Kendal. Jangan sampai Ansor terpecah gara-gara urusan Pilkada,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kendal, Misbachul Munir usai dilantik dalam sambutannya mengatakan, salah satu program unggulan pihaknya adalah melakukan pemberdayaan ekonomi organisasi dan pemberdayaan kader Ansor.

“Salah satu program unggulan kami adalah mengangkat perekonomian kader. Ini langkah awal kami dalam menggerakkan ekonomi warga NU yang kemudian menjadi bagian program besar pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Dijelaskan, beberapa bisnis retail yang telah berjalan dan memiliki peluang pasar besar akan segera ditata kembali, seperti pertanian jagung di Kaliwungu Selatan, Ansormart di Rowosari, koperasi di Boja, budi daya udang panami di Kendal, dan kambing etawa di Cepiring.

“Rencananya itu semua nanti kita kelola melalui manajemen retail Ansor agar lebih tertata rapi. Penataan dan pemberdayaan usaha dilakukan agar Ansor Kendal memiliki kemandirian ekonomi. Karena sangatlah penting untuk menggerakkan roda organisasi,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.