in

Melalui Pendidikan Vokasi, Akpelni Siapkan Mahasiswa Bersaing Keahlian

Seminar tentang kemaritiman digelar Politeknik Bumi Akpelni Semarang.

 

HALO SEMARANG – Politeknik Bumi Akpelni Semarang dengan sekolah vokasinya menyiapkan mahasiswa dengan keahlian terapan tertentu. Hal ini untuk mendukung mahasiswa ketika terjun bersaing mengisi peluang pekerjaan skala nasional dan internasional.

Dalam kegiatan “3rd National Seminar on Maritime and Interdisciplinary Studies (NSMIS)”, Direktur Politeknik Bumi Akpelni Semarang Capt Cahya Fajar Budi Hartanto MMar, MSi menyebut, penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan hak belajar mahasiswa selama dua semester di luar program studi.

“Ini pertanyaan besar patut dipertanyakan kepada pendidikan tinggi kemaritiman kita, apakah kita siap menjawab tantangan era digitalisasi di bidang transportasi laut ini?,” kata Cahya saat membuka seminar, Sabtu (12/9/2021).

Ia menuturkan, tujuan dari program tersebut supaya mahasiswa lebih siap masuk pada dunia industri. Saat diskusi berlangsung, pihaknya menghadirkan pendidik, regulator, user, dan mahasiswa.

Selama diskusi, mengerucutkan pembahasan peluang kerja yang selalu terbuka bagi seseorang yang memiliki kompetensi. Seperti pengetahuan, keahlian, nilai dan perilaku sosial, konsep diri, karakteristik pribadi serta motivasi yang kuat.

“Dalam program experiental learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya,” ujarnya kepada 500 peserta secara daring.

Peserta yang mengikuti seminar bertajuk “Kesiapan Pendidikan Tinggi Kemaritiman dalam Menjawab Tantangan Era Digitalisasi di Bidang Transportasi Laut” berasal dari berbagai kalangan pendidikan kemaritiman.

Di antaranya, mulai level tinggi dan menengah dan stakeholder di bidang transportasi laut, seperti dari jajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Teknologi, Kementerian Perhubungan, sejumlah asosiasi terkait, dan para profesional/ praktisi kemaritiman.

Seminar menghadirkan Keynote Speaker Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr Benny Bandanadjaja, ST, MT, Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ir M Tohir, MSi, Pemateri I Manager Crewing PT Samudera Daya Maritim, Capt Suarniati, Pemateri II Direktur SDM PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Edi Priyanto, SKM, MM, serta Pemateri III, Kabid Pendidikan PPSDMPL Dr Capt Tri Cahyadi, MH.(HS)

Share This

Antisipasi Tindakan Terorisme, Polres Wonosobo Gelar Patroli ke Sejumlah Gereja

Lakukan Tracing 3 Ribuan Spesimen, Dinkes Kota Semarang: Sebanyak 3.629 Negatif, 64 Positif