in

Median Jalan Pandanaran Dipercantik dengan Tanaman Hias

Median Jalan Pandanaran terlihat asri karena dipercantik dengan tanaman hias jenis Bugenvil Variegata oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang berusaha mempercantik beberapa median jalan, dengan menanam bunga. Salah satunya di median Jalan Pandanaran yang ditanami jenis tanaman hias, bugenvil atau kembang kertas.

Selain bisa mengurangi polusi udara, tanaman tersebut diharapkan memiliki fungsi sebagai penyekat Jalan Pandanaran menjadi dua lajur arus lalu lintas.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suriyaty mengatakan, tanaman hias jenis bugenvil variegata ditanam di ruas Jalan Pandanaran. Sebelumnya, median jalan di ruas jalan tersebut dipasangi dengan pembatas jalan non-permanen.

“Saat ini kita tanami dengan tanaman hias jenis bugenvil variegata, tanaman ini kuat di dua musim. Baik itu saat musim hujan maupun musim panas,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Adapun pemasangan pot tanaman bugenvil ini terlihat dari depan Kantor DKK, dan MC Donals sampai perempatan Jalan Thamrin (depan taman kota patung Warag Ngendog).

“Ada sekitar 130 unit pot tanaman yang dipasang di sepanjang ruas Jalan Pandanaran. Potnya dibor dan didudukan di atas tiang-tiang besi penyangga,”imbuhnya.

Untuk titik penempatannya, lanjut dia, pot-pot dengan tanaman hias yang memiliki warna cerah ini telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang.

Salah satu warga, Diaz berharap, penanaman tanaman hias di median jalan bisa diperbanyak lagi. Pasalnya, ruas jalan akan terlihat lebih asri dan indah.

“Apalagi tanaman bisa mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari asap kendaraan. Kalau bisa penanaman pohon dan tanaman hias di bahu jalan dan median jalan diperluas lagi sehingga membuat udara bersih,” katanya.(HS)

Share This

Pria Ini Pakai Nama Pacarnya Untuk Penerimaan Paket Narkoba

Pemkab Kendal Dorong Pelaku UMKM Untuk Berorientasi Ekspor