in

Mbak Ita Apresiasi PDAM Penuhi Stok Air Guna Pemadaman Kebakaran TPA Jatibarang

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat memberikan penghargaan kepada PDAM Tirta Moedal yang mencukupi stok kebutuhan air dalam upaya membantu penanganan kebakaran di TPA Jatibarang, Kamis (12/10/2023).

HALO SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi jajaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal yang mensupplai stok kebutuhan air guna membantu pemadaman musibah kebakaran di TPA Jatibarang, Kelurahan Bamban Kerep, Kecamatan Mijen.

Menurut Wali kota Semarang peranan PDAM sangat penting selain mencukupi kebutuhan air bersih kepada warga yang kesulitan air saat musim kemarau ini dan bisa mendukung upaya penanganan bersama kebakaran TPA Jatibarang yang terbakar hingga sekitar lima hektare.

“Kita patut apresiasi bagaimana kalau tidak ada ASB di situ. Karena yang utama saat proses pemadaman kebakaran yaitu ketersediaan atau stok air bisa lancar,” papar Ita, sapaan akrab Hevearita G Rahayu, usai menghadiri acara HUT ke-112 PDAM Tirta Moedal, Kamis (12/10/2023).

“Saya juga ucapkan terimakasih selain tangki airnya, galonnya. Sehingga masalah logistik sudah tercukupi,” lanjutnya.

Kondisi di TPA saat ini, kata Mbak Ita, secara umum sudah terkendali.

“Tadi malam sebetulnya sudah diinjek, tapi dari atas terlihat tidak ada apa-apa hanya sedikit asap. Tapi kalau didrone dengan termal terpantau masih ada di bawahnya. Sekitar tiga titik bara api kecil-kecil. Baik di zona 3 maupun zona 4. Sehingga masih perlu penanganan sampai hari ini, baik pemadaman dari udara, injek dan pemadaman petugas,” jelasnya.

Mbak Ita mengingatkan, kepada pengemudi atau sopir truk, peternak dan lainnya tidak merokok saat beraktivitas di TPA Jatibarang.

“Kami sudah arahkan dan minta ke DLH mensosialisasikan hal tersebut, dan mulai melakukan inventarisir terkait aturan atau hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan. Seperti dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur
(SOP), seperti sesuai saat memasuki kawasan objek vital lainnya,” paparnya.

Pihaknya pun akan berupaya lebih ketat lagi terkait pengawasan orang yang masuk TPA agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Apalagi, luasan yang terbakar di TPA Jatibarang mencapai sekitar 5 hektare, terdiri dari 3 hektare di zona 3, dan 2 hektare di zona 4,” pungkasnya.

Direktur Utama PDAM Tirta Moedal, Yudi Indardo mengatakan, pihaknya siap mensupplai kebutuhan air untuk membantu pemadaman TPA Jatibarang.

“Ada sekitar 10-15 tangki air per hari dari PDAM dikerahkan membantu stok air. Dalam satu pekan sekitar 150 tangki air, dengan setiap tangki air berisi 5 kubik air,” katanya. (HS-06)

 

Prihatin Atas Dua Kasus Bunuh Diri Mahasiswi di Semarang, Mbak Ita Ajak Orang Tua Memahami Persoalan Anak-anaknya

Pertagas Niaga Suplai CNG untuk Industri Keramik Jawa Tengah, Penuhi Kebutuhan Energi Handal dan Ramah Lingkungan