Masyarakat Purbalingga Gelar Deklarasi Damai

Muspida Purbalingga, organisasi masyarakat, LSM, akademisi, tokoh agama dan tokoh masyarakat, berfoto bersama seusai deklarasi damai mendukung situasi kamtibmas yang kondusif. Kegiatan deklarasi dilaksanakan di Pendapa Dipakusuma Kabupaten PurbaIingga, Senin (19/10). (Foto : tribratanews.purbalingga.jateng.polri.go.id)

 

HALO PURBALINGGA– Sejumlah komponen masyarakat di Kabupaten Purbalingga, terdiri atas organisasi masyarakat, LSM, akademisi, tokoh agama dan tokoh masyarakat, menggelar deklarasi damai dalam rangka mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.

Kegiatan deklarasi dilaksanakan di Pendapa Dipakusuma Kabupaten PurbaIingga, Senin (19/10).

Deklarasi dihadiri Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana, Ketua DPRD PurbaIingga Bambang Irawan, Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla, Dandim PurbaIingga Letkol Decky Zulhas, Plt Kajari PurbaIingga Mugiono, Ketua Pengadilan Negeri Bambang Sucipto dan unsur Forkopimda lainnya.

Pjs Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya dengan kegiatan ini mampu mendukung ipoleksosbud hankam kamtibmas bisa terlaksana dengan baik termasuk agenda politik lima tahun untuk bisa berjalan demokratis aman dan damai.

“Mari kita bersama-sama lebih banyak membuka keran komunikasi dengan musyawarah mufakat, untuk membangun komunikasi yang lebih baik, terbuka, transparan dan bisa dipertanggungjawabkan. Mudah-mudahan hal ini bisa terbangun dengan baik,” ucapnya, seperti dirilis tribratanews.purbalingga.jateng.polri.go.id.

Sementara itu, Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla, dalam sambutannya menyampaikan bahwa situasi kamtibmas yang kondusif, tidak serta merta ada namun harus diciptakan bersama.

Kamtibmas bukan hanya menjadi domain pihak kepolisian, namun juga perlu peran serta seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkannya.

“Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan pondasi untuk bisa menjalankan berbagai aktivitas seperti kegiatan di sektor ekonomi, pariwisata dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Oleh karena itu, kita berkumpul bersama dengan itikad yang baik untuk membangun PurbaIingga,” ucap kapolres.

Dalam kegiatan dibacakan Deklarasi Damai yang berisi antara lain menolak segala bentuk kerusuhan, aksi unjuk rasa jalanan dan tindakan anarkis yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Menyelesaikan setiap permasalahan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Dalam deklarasi disampaikan juga mendukung Polri, TNI dan Pemerintah Daerah dalam melakukan pemeliharaan kamtibmas dan penegakkan hukum.

Terakhir deklarasi berkomitmen menciptakan situasi kamtibmas Kabupaten PurbaIingga yang aman, damai dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada 2020.

Usai dibacakan, dilakukan penandatanganan isi deklarasi yang dilakukan oleh perwakilan seluruh peserta. Deklarasi juga diketahui oleh Forkopimda PurbaIingga yang turut menandatangani deklarasi dari komponen masyarakat Kabupaten PurbaIingga.

Kegiatan deklarasi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan mulai dari cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker dan hand sanitizer. Selain itu, dilakukan juga pengaturan jarak di lokasi kegiatan. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.