Masyarakat Diminta Terus Waspada Ancaman Bencana

BPBD Kendal, saat mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

 

HALO KENDAL – Hujan lebat dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur di wilayah Kabupaten Kendal beberapa hari terakhir, menyebabkan berbagai kasus bencana di beberapa wilayah.

Hal itu disampaikan Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal, Iwan Sulistyo di Kantor BPBD Kabupaten Kendal, Selasa (9/2/2021).

“Hujan yang mengguyur sejak tanggal 5-8 Februari ini menyebabkan banjir di 13 kecamatan yang tersebar di 73 desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal. Selain itu, menyebabkan tanah longsor di tiga kecamatan, pohon tumbang di enam kecamatan, dan tanggul longsor di 10 kecamatan,” terangnya.

Dengan adanya bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Kendal, menurutnya, BPBD Kabupaten Kendal langsung merespon dan bergerak cepat dalam menangani dampak bencana alam tersebut.

“Upaya yang sudah kami lakukan di antaranya adalah assessment data, berkoordinasi dengan pemerintah desa dan relawan gabungan untuk melakukan evakuasi, mengirimkan bantuan logistik kebutuhan dasar kepada korban terdampak,” jelas Iwan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penanganan pemotongan pohon tumbang, penanganan tanah longsor yang menutup jalan, evakuasi satu korban meninggal dunia akibat banjir.

“Kami juga melakukan kerja bakti penanganan tanggul kritis bersama warga, TNI, Polri, DPUPR dan Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah,” imbuh Iwan.

Sedangkan untuk dapur mmum, pihaknya telah membantu pendistribusian di 15 lokasi kebanjiran, baik yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, Pemerintah Desa, maupun pihak organisasi kemasyarakatan lainnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat, untuk tetap siaga dan waspada dalam menghadapi musim hujan tahun 2021.

“Jika terjadi bencana agar dapat memberikan informasi kepada kami, BPBD Kendal dengan menghubungi nomor WA 08112828160,” pungkasnya. (HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.