in

Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pelayanan Kesehatan Saat “Germas”

Evaluasi pelaksanan Germas, Jumat (3/11/2023), di Graha Adiguna OR Purbalingga. (Foto : purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Masyarakat di Kabupaten Purbalingga diharapkan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan, yang disediakan setiap ada kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Hal tersebut disampaikan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Purbalingga, Yani Sutrisno Udhinugroho, saat evaluasi pelaksanan Germas, Jumat (3/11/2023), di Graha Adiguna OR.

Menurut Yani Sutrisno mengemukakan keterkaitan dengan orientasi pembangunan kesehatan, orientasinya adalah mewujudkan kualitas hidup manusia yang sehat fisik dan jiwanya.

Selain itu juga unggul dalam kemampuan untuk mandiri dan berdaya secara ekonomi dan sosial.

“Ekonominya itu berdaya apabila didukung dengan kondisi kesehatan masyarakat,” kata dia, seperti dirilis purbalinggakab.go.id.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, Teguh Wibowo menyampaikan hal yang menjadi 4 faktor penyebab sakit.

Menurut dia, faktor pertama dari faktor genetik, kedua faktor sarana atau fasilitas pelayanan kesehatan, ketiga perilaku, dan keempat adalah faktor lingkungan.

Teguh menambahkan, tujuan adanya kegiatan Germas, adalah untuk dapat melakukan pola hidup sehat di masyarakat.

Secara khusus germas lebih menginterverensi mengarah ke penyakit-penyakit yang sifatnya degeneratif.

“Tapi ada satu lagi yang tidak boleh kita lupakan, yang sekarang kasusnya luar biasa yakni kesehatan jiwa,” pungkasnya. (HS-08)

Berikan Penghargaan Linda, Sekda Cilacap: Semoga Bisa Wujudkan Iklim Inovasi Daerah

Bupati Mengajar, Bupati Purbalingga Ingatkan Ojo Kawin Bocah