Masyarakat Batang Bisa Cetak KTP di Kantor Desa

Bupati Batang mencoba Mesin Cetak Mandiri (MCM) Disdukcapil Kabupaten Batang. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO BATANG – Masyarakat Kabupaten Batang, kini dapat menggunakan Mesin Cetak Mandiri (MCM), sebagai sarana pencetakan dokumen kependudukan, seperti Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, khusus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Alat berbentuk mirip mesin anjungan tunai mandiri (ATM) itu, kantor-kantor desa untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan.

Bupati Wihaji, seusai peresmian MCM di Hotel Dewi Ratih Kabupaten Batang, beberapa waktu lalu mengatakan dokumen kependudukan hasil cetakan MCM, sama legalnya dengan dokumen kependudukan yang dicetak oleh Disdukcapil.

“Memakai kertas putih biasa sudah legal, yang terpenting ada barcode-nya. Hanya catatannya, pada saat ingin membuat (cetakan dokumen) harus sudah memasukan data-data ke Disdukcapil Kabupaten Batang. Ketika ingin buat KTP, Disdukcapil sudah mempunyai datanya,” jelas dia.

Dia menjelaskan kecepatan cetak alat tersebut hanya dua menit. Layanan pencetakan dokumen dengan MCM menjadi sebuah inovasi. Kelak alat tersebut tidak hanya diletakkan di setiap kantor pemerintah desa, tetapi juga di tempat lain.

“Saya kira ini menjadi terobosan Kabupaten Batang, untuk mempercepat layanan dokumen. Bisa saja MCM ini diletakkan di desa-desa seluruh Kabupaten Batang, kalau dana desa sudah mempunyai anggaran yang memadai. Semoga nantinya bisa dikembangkan lagi dan disempurnakan MCM ini dan rencananya ada penambahan di Mal Pelayanan Publik,” kata dia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.