in

Masuk PPKM Level I, Batang Fokus Tingkatkan Vaksinasi

Bupati Batang Wihaji. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Bupati Batang Wihaji menegaskan belum akan mengubah kebijakannya, terkait penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 2 menjadi level 1.

Hal itu disampaikan Bupati Batang Wihaji, terkait penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Menurut Bupati, dengan penurunan level ini warga Batang harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama dengan memakai masker serta menjauhi dan mencegah kerumunan.

“Perubahan level I, kebijakan masih tetap sama seperti Level II. Karena kita antisipasi penyebaran varian Omicron,” kata Wihaji, seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Batang.

Kebijakan Bupati itu diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk varian Omicron yang disebut-sebut lebih cepat menular. Dia menyebut, hingga Selasa (8/2/2022) terdapat 34 orang terkonfirmasi positif yang sedang menjalani Isolasi mandiri.

“Alhamdulilah satu orang probable Omicron di Batang sudah sembuh,” kata Wihaji.

Dia pun meminta, kepada satgas Covid-19 Kabupaten Batang untuk kembali intens melalukan operasi yustisi masker dan mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin prokes.

Selain upaya pencegahan, saat ini pihaknya juga sedang fokus pada pemberian vaksinasi. Hal itu karena kebanyakan orang yang terpapar dan mengalami gejala berat, adalah mereka yang belum mendapatkan vaksin.

Untuk target vaksinasi bagi masyarakat umum, di Batang terdapat 622 ribu orang dan untuk lansia 68.888 orang. Namun dari target itu, capaian vaksinasi untuk masyarakat umum baru 49 persen dan lansia 38 persen.

Jika hingga pekan depan capaian vaksinasi untuk masyarakat umum tidak bisa mencapai 50 persen untuk masyarakat umum dan 40 persen untuk lansia, maka bisa dipastikan PPKM wilayah itu akan naik lagi menjadi level 2.

Karena itu dalam pekan ini Pemkab bersama TNI dan Polri gencar melaksanakan vaksinasi massal.

“Saya yakin minggu depan capaian yang dipersyaratkan bakal terpenuhi,” kata dia.

Seperti diketahui, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 Tahun 2022 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali, yang diterbitkan, Senin 7 Februari 2022, Kabupaten Batang masuk Level I. Wilayah lain di Jateng yang masuk level 1, adalah Kabupaten Temanggung, Kendal, Kabupaten Semarang, Jepara Grobogan, Blora, Demak, Kudus, Kota Semarang dan Kota Salatiga.

Ia juga menyebutkan indikator Batang masuk Level I, karena tidak ada orang yang terpapar Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. (HS-08)

Kepala BNPT Sebut Peran Media Sangat Besar Bentengi Masyarakat dari Propaganda Teroris

Setwan Jateng Verifikasi 60 Keluarga Penerima Bansos Renovasi Rumah di Purbalingga