Masjid Besar Kauman Ungaran Diperluas

Bupati Semarang H Mundjirin, Minggu (18/10) meletakkan batu pertama, proyek perluasan Masjid Kauman di Kampung Kauman, Kelurahan Ungaran. (Foto : semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Masjid Kauman di Kampung Kauman, Kelurahan Ungaran, diperluas. Perluasan masjid ini dilakukan karena pada setiap kali Shalat Jumat dan Shalat Tarawih, jamaah yang datang selalu melebihi kapasitas.

Peletakan batu pertama renovasi Masjid Kauman Ungaran itu, dilakukan oleh Bupati Semarang H Mundjirin, Minggu (18/10/2020).

Saat memberi sambutan, Bupati menghargai langkah takmir Masjid Kauman, untuk memperluas ruangan ibadah masjid kuno itu.

“Yakinlah, tidak ada pembangunan masjid yang tidak selesai. Apalagi diniatkan untuk meningkatkan mutu ibadah umat,” ujarnya, didampingi imam masjid besar Kauman Ungaran KH Muhdi Taufiq, seperti dirilis semarangkab.go.id.

Bupati berharap pembangunan dapat lekas selesai, sehingga bisa segera digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan.

Ketua panitia renovasi masjid besar Kauman Ungaran, Mulyono menjelaskan perluasan masjid dilakukan karena jumlah jamaah, setiap Shalat Jumat dan Shalat Tarawih selalu melebihi kapasitas.

Pada saat itu selalu saja jamaah meluber hingga ke halaman masjid. “Kondisi ini mengurangi kekhusyukan ibadah. Sehingga kami berniat menambah kapasitas daya tampung masjid,” katanya.

Rencananya, perluasan akan dilakukan secara bertahap. Di lantai 1 meliputi serambi masjid seluas dan ruang jemaah putri.

Selanjutnya akan ditambah ruangan di lantai 2 seluas total 672 meter persegi. Total dana yang dibutuhkan senilai kurang lebih Rp5 miliar.

Mulyono juga menyampaikan terima kasih atas persetujuan Bupati Semarang untuk memperlebar akses jalan masuk ke masjid dari jalan HOS Cokroaminoto.

“Peningkataan akses masuk dan perluasan kapasitas tampung masjid ini diharapkan dapat lebih memakmurkan masjid Besar Kauman,” tuturnya.(HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.