“Manusia Silver” Fenomena Baru di Sekitar Traffic Light Kota Semarang

Salah satu “manusia silver” yang diamankan Satpol PP Kota Semarang di sekitar traffic light Jerakah.

 

HALO SEMARANG – Di beberapa traffic light di Kota Semarang kini sering dijumpai “manusia silver” dengan membawa kardus. Mereka bukan menghibur pengendara atau pengguna jalan, melainkan meminta-minta sedekah dari pengguna jalan.

Manusia silver merupakan pengemis yang sengaja mengecat tubuhnya dengan warna silver saat meminta sedekah di sekitar traffic light.

Fenomena ini memang sedang marak di Kota Semarang. Modus meminta sedekah dengan cara ini banyak ditemui di wilayah pinggiran Kota Semarang.

Seperti di traffic light Jerakah, sekitar Pedurungan, Banyumanik, Peterongan, dan beberapa wilayah lain.

Kebanyakan mereka merupakan anak muda di usia produktif yang memang sengaja berpenampilan “lain” saat menjalankan aksi dengan meminta sedekah.

Keberadaan mereka pun banyak dikeluhkan pengguna jalan dengan melaporkan ke Satpol PP Kota Semarang.

Berdasarkan banyaknya laporan warga, Satpol PP Kota Semarang pun bertindak cepat dengan melakukan penyisiran dan penertiban.

Satpol PP Kota Semarang menyisir di beberapa kawasan. Hasilnya, beberapa “manusia silver” diamankan untuk dilakukan pembinaan.

Mereka dibawa ke markas Satpol PP Kota Semarang di Jalan Ronggolawe, para “manusia silver” ini diberi pengarahan dan diidentifikasi.

Selain itu mereka dimandikan agar bersihbdari cat berwarna silver yang menempel di tubuh mereka.

Para “manusia silver” itu diminta untuk tidak mengamen atau meminta-minta sedekah di lampu merah lagi.

“Karena tindakan itu melanggar Perda No 5 Tahun 2014 tentang PGOT. Penertiban para manusia silver ini karena banyaknya laporan warga ke Satpol PP Kota Semarang,” ujar Kasat Pol PP Kota Semarang Fajar Purwoto, Senin (21/9/2020).

“Saya minta tidak ada yang mengamen atau meminta-minta di lampu merah, kami akan lakukan penertiban di semua lokasi,” tandas Fajar.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.