Mantan Wali Kota Solo FX Rudyatmo :  Tukang Las Adalah Pekerjaan Mulia

Mantan Wali Kota Surakarta, FX Rudyatmo berada di bengkel lasnya, hanya dengan mengenakan kaus, celana pendek, topi terbalik, dan bersandal jepit. (Foto : Tangkapan layar Instagram Fx Rudyatmo)

 

HALO SURAKARTA – “Kathah sing tanglet, kegiatane kulo nopo mawon upami pun mboten dados walikota? Lha niki kulo jawab, salah satu kesibukane yaiku mbaleni gawean lawas dados tukang las. (Banyak yang bertanya, kegiatan saya apa saja setelah tidak jadi Wali Kota ? Lha ini saya jawab, salah satu kesibukan saya, yaitu kembali melakukan pekerjaan lama jadi tukang las).”

Itulah dua kalimat yang ditulis Wali Kota Surakarta periode 17 Februari 2016 – 17 Februari 2021, FX Rudyatmo dalam akun Instagramnya.

Di sampingnya, terdapat gambar Rudy yang sedang berada di bengkel lasnya, hanya dengan mengenakan kaus, celana pendek, topi terbalik, dan bersandal jepit.

Penampilannya sama sekali tak menggambarkan bahwa dia pernah menjadi orang nomor satu di Kota Solo.

Menurut Rudy, meskipun pekerjaan tukang las sepertinya remeh, tetapi sesungguhnya tidak bisa dikerjakan secara asal-asalan. Seorang tukang las, sudah layaknya disebut sebagai seniman, untuk mengasilkan hasil las yang rajin dan rapi.

Selain itu, filosofi tukang las adalah pekerjaan yang mulia, karena yang dia kerjakan, adalah merekatkan sesuatu yang awalnya terpisah, kemudian disatukan menjadi bagian yang kokoh dan indah.

Sinten sing ten mriki nate dadi tukang las ? Ampun isin. Kerjo sing tekun, sing rajin, sopo ngerti iso dadi wali kota. (Siapa pun yang jadi tukang las ? Jangan malu. Bekerja yang tekun dan rajin, siapa tahu bisa jadi wali kota),” tulis dia dalam akun instagram.

Unggah Rudy itu pun mendapat like sebanyak 10.511, plus tanggapan beragam dari penggemarnya.

Seperti yang disampaikan akun dito_lapendoz. “Sehat dan panjang umur….”.

Ungkapan simpati lain disampaikan akun tata_moms_chi_mel, dengan menulis “Sehat selalu Pak Rudy…Terima Kasih atas Pengabdiannya menjadi Wali Kota Solo dan menjadikan Kota Solo yang baik…Gusti Berkahi Pak Rudy dan Keluarga…GBU..Amin”

Adapun akun stefanus.cg, menulis “Ndherek Bingah Pak, njenengan nggih sampun ngraketke kebinekhaan wonten ing solo.. Mugi Ugi tansah pinaringan sugeng waras, dados pangayom dumateng masyarakat n pejabat 2 liyane.. Berkah Dalem.” (Ikut gembira Pak. Bapak sudah merekatkan kebinekaan di Solo. Semoga selalu sehat, jadi pengayom masyarakat dan pejabat lainnya).

Penting diketahui, Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo, lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 13 Februari 1960. Dia menjabat sebagai Wali Kota Surakarta sejak 17 Februari 2016 hingga 17 Februari 2021.

Sebelumnya, politikus yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, pernah menjabat sebagai wali kota pada 19 Oktober 2012 hingga 5 Agustus 2015.

Hingga 2011 ia juga tercatat sebagai Ketua Umum Persis dan Ketua Pengurus Cabang PSSI di Surakarta.

Sebelum menjadi wali kota Surakarta, dia adalah wakil wali kota Surakarta periode 2005–2010 dan 2010–2012, mendampingi Joko Widodo.

Ketika Jokowi terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012, Rudy kemudian menggantikan posisi Joko Widodo, sebagai wali kota Surakarta dan dilantik pada 19 Oktober 2012 oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, dalam sidang paripurna DPRD Kota Surakarta.

Rudyatmo maju sebagai Wali Kota Surakarta kembali, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015. Dalam Pilkada kali ini, dia kembali didampingi oleh Achmad Purnomo, sebagai calon wakil Wali Kota Surakarta.

Pada 17 Desember 2015, Komisi Pemilihan Umum Daerah Surakarta, menetapkan pasangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, sebagai pemenang pilkada setelah sebelumnya menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hasil pemilihan kepala daerah Surakarta.

Pada 17 Februari 2016, akhirnya Fx Rudyatmo, resmi menjadi Wali Kota Surakarta hingga 17 Februari 2021. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.