Manfaatkan Pemasaran Online, Omzet Penjualan Petani Sayur Di Kopeng Meningkat

Anggota Komisi B DPRD Jateng saat kunjungan ke Kopeng melihat langsung produk sayur petani di sana.

 

HALO SEMARANG – Komisi B DPRD Jateng mengapresiasi sektor pertanian mampu bertahan di masa pandemi Covid 19, dengan melakukan sejumlah terobosan.

Salah satunya dengan pemasaran melalui media online, sehingga mendongkrak omzet penjualan.
Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah, Sri Marnyuni mengatakan, pemasaran produk pertanian melalui media online memberikan dampak positif bagi kalangan petani.

Bahkan menurutnya, omzet penjualan sejumlah produk pertanian terutama sayur, berlipat meski dalam masa pandemi.

“Ini perkembangan yang menarik. Sektor pertanian mampu bertahan di masa pandemi. Seperti kelompok petani sayur organik “Tani Citra Muda” di Jalan Raya Kopeng-Salatiga, Desa Sidomukti, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang yang mampu menaikkan omzetnya Rp 100 juta per bulan,” ujarnya.

Dia menambahkan, kelompok Tani Citra Muda dapat menjadi pioner bagi para petani muda untuk tetap menekuni bidang pertanian yang mulai ditinggalkan kalangan muda.

Dengan ketekunan, keuletan, bahkan penguasaan di bidang informasi teknologi, para petani muda bisa menggunakan media sosial untuk memasarkan produk pertanian.

“Masa sekarang, memasarkan barang begitu mudah. Tinggal klik, semua pengguna media sosial bisa mengaksesnya. Ini kelebihan anak-anak muda,” tuturnya.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Citra Muda, Shofyan Adi Cahyono mengatakan, di masa pandemi ini omzetnya naik sampai 300 persen.

Meningkatnya omzet, lanjutnya, dikarenakan beberapa faktor. Selain produk sayuran organik yang dihasilkan sangat berkualitas, juga didukung pemasaran melalui online.

Menurutnya, ada 70 jenis sayuran yang ditanam dan untuk panen dilakukan setiap hari. Dalam satu bulan, dia mengaku mampu menjual seluruh sayuran hingga mencapai 15 ton.

“Untuk pemasaran sudah ke seluruh Indonesia, namun paling banyak di Pulau Jawa. Kelompok Tani Citra Muda sudah mempunyai 12 agen dan 50 reseller yang masih terus bertambah sampai saat ini,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.