in

Malamnya Habis Acara di Kampus, Rektor USM Ikut Belasungkawa Wafatnya Hermanto Dardak, Ayah Wagub Jatim yang Alami Kecelakaan di Ruas Tol Batang

DR. Ir. Achmad Hermanto Dardak.

HALO SEMARANG – Rektor Universitas Semarang (USM), DR. Supari menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas wafatnya salah-satu anggota Dewan Penyantun USM, Ir. Achmad Hermanto Dardak, MSc, PhD, IPU.

Hermanto Dardak, mantan Wakil Menteri PUPR mengalami kecelakaan ketika perjalanan pulang dari Semarang ke Jakarta. Sebelumnya dia menjadi narasumber pada acara Seminar USM dan hadir pada peluncuran buku “Soehasojo Teladan Politik Santun” di Universitas Semarang.

Hermanto yang merupakan ayah Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak itu meninggal dunia setelah mobil Innova yang ditumpanginya menabrak truk Hino di ruas jalan tol Batang-Pemalang, Sabtu (20/8/2022).

“Saya selaku Rektor USM menyampaikan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak Ir. Achmad Hermanto Dardak, MSc, PhD, IPU. Beliau wafat setelah kendaraan yang ditumpangi mengalami kecelakaan di jalan tol saat perjalanan dari Semarang menuju Jakarta,” katanya, saat dihubungi, Sabtu (20/8/2022).

“Seluruh civitas akademika USM merasa sangat kehilangan atas wafatnya beliau. Bapak Achmad Hermanto Dardak adalah salah satu anggota Dewan Penyantun USM, beliau ayah dari Wagub Jatim, pernah menjabat sebagai Wamen PU, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Beliau merupakan tokoh intelektual yang dimiliki bangsa Indonesia,” sambungnya.

“Pak Dardak beberapa kali rawuh di USM sebagai narasumber sejak menjadi Wamen PU, sebelum wafat beliau menjadi narasumber Seminar Nasional ‘Pemindahan Ibu Kota Negara dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan’ yang digelar oleh USM pada Jumat (19/8). Malamnya beliau hadir dan memberikan testimoni pada acara peluncuran buku ‘Soeharsojo Teladan Politisi Santun’bersama tokoh nasional lain di Kampus USM,” lanjutnya.

“Kami keluarga besar USM kaget ketika tadi pagi mendapatkan kabar bahwa Pak Dardak berpulang kehadirat Allah SWT. Semoga beliau husnul khotimah, amal ibadah beliau senantiasa diterima di sisi Allah SWT, segala dosa dan khilafnya diampuni dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, keikhlasan dan kesabaran dan saya bersaksi beliau adalah orang yang sangat baik dan ikhlas,” tuturnya.

“Selamat jalan Pak Dardak, ilmu yang engkau bagikan tak kan pernah kami lupakan”, tutup Rektor USM, Dr Supari.

Boma Kridautama dan Soiful Hadi, dari pihak Humas Universitas Semarang (USM) membenarkan kabar duka tersebut, bahwa Hermanto Dardak meninggal dunia dalam kecelakaan tadi pagi.

“Saat menghadiri acara peluncuran buku Biografi Soeharsojo, yang dihadiri oleh Ketua Ika Undip Ahmad Muqowam, Mantan Dirut BNI Sigit Pramono, Bambang Guritno, Ketua MUI Jateng KH Ahmad Daroji, KH Ahmad, Prof Sudharto, Prof Kesi dan Akbar Tanjung serta Ganjar Pranowo (via online). Hermanto Dardak yang merupakan sahabat Ir Soeharsojo ini masih sempat memberikan pernyataan di atas panggung, Hermanto Dardak bersama tokoh lainnya juga berkesempatan menerima buku Biografi Soehasojo, Beliau juga ikut hadir di USM dan berdiri sama di panggung menerima buku,” terang Soiful.

“Hermanto Dardak merupakan sosok yang tak asing bagi kalangan insinyur di Indonesia. Dia merupakan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) tahun 2018. Hermanto juga terpilih menjadi Dewan Penyantun Universitas Semarang (USM) yang bernaung di bawah Yayasan Alumni Undip,” jelas Boma.

Seperti diberitakan, bahwa kecelakaan terjadi pada Sabtu pagi (20/8/2022) pukul 03.25 WIB. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, membenarkan ada kejadian kecelakaan yang terjadi di Tol Batang pagi tadi.

“Benar kejadian tersebut dan saat ini tim laka lantas baru olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), (Korban) kalau tidak salah orang tuanya Emil Dardak,” ujar Iqbal dalam pesan yang disampaikan melalui WhatsApp. (HS-06)

Ikut Lapak Ganjar, UMKM Hidroponik Tegal Berkembang Hingga Bisa Santuni Yatim dan Gandeng Pemuda jadi Petani

Menkes Minta Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gunakan Alkes Produksi Dalam Negeri