in

Malam Menjelang, Kawasan Kota Klaten pun Lengang

Suasana jalan di Kabupaten Klaten sepi dalam PPKM darurat hari pertama. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kabupaten Klaten, jalanan mulai terlihat lengang. Beberapa lokasi yang biasa menjadi tempat aktivitas warga pun sepi.

Suasana PPKM Darurat di Klaten semakin terasa karena dibarengi dengan penutupan ruas jalan, seperti Jalan Pemuda, Jalan Mayor Kusmanto dan Jalan Kopral.

Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jaka Sawaldi saat mengecek Alun-Alun Klaten, mengatakan Pemerintah Kabupaten Klaten telah bersinergi dengan Polres Klaten dan Kodim 0723 Klaten, untuk mengambil tindakan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami sudah melakukan beberapa langkah, antara lain penutupan jalan. Petugas pagi tadi juga melakukan penyemprotan disinfektan sambil sosialisasi dan tempat-tempat umum seperti taman, Alun-Alun kita tutup pada saat ini” ujarnya, kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten, Sabtu (3/07), seperti dirilis Klatenkab.go.id.

Dia juga menyampaikan bahwa mall dan sebagainya ditutup, tetapi pasar tradisional tetap buka hingga pukul 14.00, dengan kapasitas 50% dan setelah itu ada penyemprotan.

Tak hanya itu, saat ditemui ditempat yang sama Kepala Satpol PP Joko Hendrawan mengatakan bahwa Satpol PP menutup Alun-Alun Klaten sudah pada jam lima sore. Diharapkan tidak ada aktivitas baik dari pedagang kaki lima maupun pengunjung.

”Pemberlakuan PPKM Darurat ini petugas Satpol PP dan tim gabungan tetap akan membubarkan kerumunan dan membawa rapidtest antigen ditempat. Kepada masyarakat mari kita taati protokol kesehatan, sehingga semua masyarakat bisa sehat dan semoga corona segera hilang,” kata dia.

Sementara itu sebelumnya, Polres Klaten, Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten, dan Satpol PP Klaten, sejak Rabu (30/5) pukul 21.00 malam sudah melakukan penutupan sejumlah ruas jalan.

Kepala Satpol PP Klaten, Joko Hendrawan mengatakan penutupan jalan dilakukan di sepanjang Jalan Veteran- Jalan Pemuda, Jalan Mayor Kusmanto, dan Jalan Kopral Sayom.

Satpol PP bersama tim operasi yustisi, juga melakukan menyisir pedagang kaki lima, cafe, dan restoran yang pada pukul 21.00 masih buka.

“Kami perintahkan untuk ditutup. Juga minimarket, kami tutup pada jam 9 malam,” kata dia.

Menurut dia, masyarakat sudah patuh pada jam 9 malam sudah menutup toko. Para pedagang kaki lima juga sudah berkemas-kemas merapikan dagangangannya. Apabila terlihat ada kerumunan, juga langsung dibubarkan dan ditindak tegas.

“Kami juga lakukan rapid antigen di tempat dan beberapa kali kita menemukan kerumunan. Kita rapid antingen dan rata-rata hasilnya negatif,” kata dia. (HS-08)

 

Share This

Sejumlah Tokoh di Blora Sepakati Ibadah di Rumah Saja

Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Sabet Tiga Juara Kompetisi Film Nasional