Malam Ini Kemungkinan Hujan Ringan di Semarang

Posisi badai tropis Goni dan Atsani, Sabtu (31/10) (Sumber tcwc.bmkg.go.id)

 

HALO SEMARANG – Bagi anda warga Kota Semarang, sebaiknya mempersiapkan jas hujan atau payung sebelum meninggalkan rumah malam ini.

Hal itu karena menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), malam ini Kota Semarang akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Adapun untuk suhu udara, berkisar antara 25 hingga 26 derajat celsius dan kelembaban udara 85 – 90 persen. Untuk arah angin, pada pukul 19:00 malam ini cenderung ke arah timur, dengan kecepatan 10 km/jam. Namun pada 22:00 WIB, dengan kecepatan yang sama, angin akan bergerak ke arah timur laut.

Seperti dirilis bmkg.go.id, Jumat (31/10), untuk Sabtu dini hari nanti, kondisi cuaca di Kota Semarang berawan, dengan suhu sekitar 24 derajat Celsius, kelembaban udara 90 persen, dan kecepatan angin 10 km per jam ke arah tenggara. Kondisi cuaca, kemungkinan masih akan sama menjelang subuh.

Untuk besok pagi, cuaca kemungkinan cerah berawan dengan suhu relatif lebih hangat, yaitu 28 derajat celsius. Kelembaban udara berkisar 80 persen, dengan kecepatan angin masih sekitar 10 kilometer per jam ke arah tenggara.

Namun sekitar pukul 10.00, langit biru Ibu Kota Provinsi Jateng ini akan lebih banyak diselimuti awan, dengan kecepatan angin 10 kilometer perjam ke arah timur.

Sementara itu berdasarkan peringatan dini dari Tropical Cyclone Warning Centre Jakarta, pada pukul 11:20 WIB siang tadi, saat ini di sebelah utara Indonesia terdapat dua siklon tropis, yaitu Goni dan Atsani.

Siklon Tropis Goni, hari ini berada di 15.3 Lintang Utara, 128.8 Bujur Timur, sekitar 1.380 km sebelah utara timur laut Tahuna. Badai tropis berkecepatan maksimun 215 kilometer per jam itu kini sudah bergerak menjauhi Indonesia.

Kecepatan angin maksimum badai tropis Goni, ke depan diperkirakan juga berangsur-angsur surut. Dalam 72 jam ke depan, kecapatan angin maksimum hanya sekitar 45 knots  atau 85 km/jam.

Walaupun tidak langsung menerjang Indonesia karena adanya gaya corioli, namun siklon tropis Goni tetap berdampak. Dampak tersebut antara lain hujan dengan intensitas sedang hingga deras, di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Selain itu ketinggian gelombang laut sekitar 1.25 – 2.50 m, terdapat di wilayah perairan kepulauan Sangihe hingga Kepulauan. Talaud, Perairan Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, Laut Maluku, Perairan Bitung, Perairan Selatan Sulawesi Utara, Perairan Utara Jayapura-Sarmi, Samudera Pasifik Utara Halmahera hingga Papua.

Sementara itu untuk siklon tropis Atsani, posisi tadi pagi berada di 13.3LU, 140.1BT (sekitar 1710 km sebelah utara timur laut Manokwari). Tropical cyclone ini bergerak ke arah barat laut, dengan kecepatan 12 knots atau 22 km/jam menjauhi wilayah Indonesia. Adapun untuk kecepatan angin maksimum sekitar 35 knots (65 km/jam).Adapun untuk dampaknya, siklon tropis Atsani akan mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga deras, di wilayah Papua Barat dan Papua. Adapun untuk gelombang laut mencapai ketinggian 1.25 – 2.50 meter, terdapat di wilayah perairan utara Papua Barat. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.