in

Makan di Warung Sak Sake, Bisa Bayar dengan Barang Bekas

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi beserta jajaran, berfoto bersama pengeloa warung makan Sak Sake dan warga, di warung yang terdapat di wilayah Kutowinangun, Tingkir tersebut. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO SALATIGA – Cara yang dilakukan Wicaksono,  warga Salatiga untuk membantu warga kurang mampu memang unik. Dia mendirikan warung makan di wilayah Kutowinangun, Tingkir dan mempersilakan pembeli untuk membayar dengan apa saja, termasuk barang bekas.

Di warung makan bernama “Sak Sake” tersebut, warga tidak mampu pun bisa mendapatkan makanan secara gratis.

Penuturan Wicaksono itu disampaikan saat menerima kunjungan Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi. Bersama pejabat utama Polres, Kapolres berkunjung ke warung itu, Rabu (29/9).

Bukan hanya ikut menikmati sajian kuliner sak sake (seadanya) di warung itu, Kapolres juga memberikan apresiasi dan bantuan paket sembako.

Lebih lanjut Wicaksono menyampaikan bahwa konsep warung Sak Sake tersebut adalah membantu masyarakat, khususnya warga sekitar yang terdampak pandemi Covid-19.

Berdirinya warung tersebut, seperti diceritakan Wicaksono, adalah berawal dari hobi memancing bersama rekan-rekannya. Tak jarang dari kegiatan tersebut, dia mendapat tangkapan cukup banyak.

“Ikan-ikan itu kemudian kami masak dan kami bagikan kepada warga sekitar. Karena hal tersebut terjadi secara berulang, kemudian berkat dukungan dari berbagai pihak, kami kemudian membangun menjadi warung,” kata dia, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Pengunjung yang datang dan makan di tempat itu, menurut Wicaksono tidak harus membayar dengan uang. Karena niat awalnya untuk membantu sesama, semua pengunjung yang makan di warung itu tidak harus membayar dengan uang.

“Pembayaran tidak harus dengan uang, namun bisa berwujud apa saja, termasuk barang bekas, seperti baju layak pakai, sampah plastik, dan sebagainya. Bahkan bisa makan gratis di sini,” kata dia.

Atas bantuan yang diberikan oleh Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana, Wicakono menyampaikan ucapan terima kasih. Dia mengaku gembira, niatnya membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, mendapat dukungan dari berbagai pihak, khususnya dari Polri dan TNI, yang selama ini telah banyak membantu.

Dia berjanji akan terus mengembangkan konsep warung ini, agar bisa membantu lebih banyak warga masyarakat.

Sementara itu, AKBP Indra Mardiana juga menyampaikan apresiasi pada Wicaksono, atas kepeduliannya pada sesama manusia. Menurut Kapolres, upaya Wicaksono ini pantas untuk ditiru oleh warga lainnya. Terlebih di masa pandemi ini, banyak bidang terdampak, termasuk perekonomian masyarakat.

“Adanya warung Sak Sake ini, juga bisa menggeliatkan perekonomian warga sekitar,” kata AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi.

Sebagai wujud dukungan dan apresiasi, Polres Salatiga memberikan bantuan berupa paket sembako. Bantuan diserahkan langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi, dan diterima oleh Wicaksono selaku pengelola.

“Bantuan ini sebagai wujud dukungan dan apresiasi dari Polres Salatiga kepada Warung Sak Sake, dalam meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” kata AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres bersama jajarannya dan masyarakat, juga berkesempatan menikmati menu makanan yang masih tersedia di Warung Makan “Sak Sake”.

“Biarpun cuma sak sake, namun rasanya luar biasa, karena bisa bersama merasakan apa yang dirasakan masyarakat,” kata AKBP Indra Mardiana SH SIK MSi. (HS-08)

Share This

Ganjar Titip Misi Kemanusiaan Hingga Kebhinekaan Pada Unika Soegijapranata

Gelar Operasi Patuh Candi  2021, Satlantas Polres Blora Arahkan Pengendara Ikuti Vaksinasi