in

MAJT Dipastikan Gelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

 

HALO SEMARANG – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Kota Semarang dipastikan mengelar ibadah Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/ 2021 M dengan jumlah maksimal jamaah sepertiga kapasitas masjid. Ibadah Salat Idul Fitri rencananya dilaksanakan pada pukul 06.47 WIB.

Humas MAJT, Beny Arief Hidayat mengatakan, pelaksanaan Ibadah Salat Idul Fitri dilaksanakan atas kesepakatan bersama tiga masjid besar di Kota Semarang.

“Sesuai dengan kesepakatan Masjid Baiturrahman dan Masjid Agung Kauman Semarang. Kita mulai Salat Idul Fitri 1442 Hijriah pukul 06.47 WIB,” kata Beny, Selasa (11/5/2021).

Beny menjelaskan, kapasitas MAJT dapat menampung kurang lebih 5.000 jamaah. Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita batasi sepertiga dari kapasitas masjid. Kurang lebih masih menampung lima ribu jamaah,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, imbuh Beny, pengecekan protokol kesehatan seperti jarak antarjamaah dibatasi. Serta jamaah diwajibkan membawa perlengkapan ibadah sendiri.

“Para jamaah diharapkan membawa sajadah sendiri, sudah wudhu dari rumah, dan juga mentaati protokol kesehatan,” imbuhnya.

Penerapan akses keluar masuk masjid juga telah diberlakukan. Hal ini agar mempermudah pantauan protokol kesehatan oleh petugas kepada jamaah.

“Pintu dari Jolotundo, Gajah Raya, Arteri Soekarno Hatta kita buka semua,” ujarnya.

Untuk menjaga kekhusyukan saat ibadah, koordinasi dengan pihak terkait telah dilakukan pihaknya untuk pengamanan ketika salat berlangsung.

“Selalu kita koordinasikan dengan pihak terkait baik itu kepolisian maupun Satgas Covid-19,” ujar Beny.

Bertindak sebagai Imam adalah KH Ulil Abshar Al Hafidz, sedangkan khotib ialah Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad MA.(HS)

Share This

Lihat Rumah Angker Untuk Karantina Pemudik, Ganjar: Medheni!

Ganjar Ingatkan Pengelola Wisata: Maksimal 30 Persen, Tak Bisa Dikontrol Tutup Saja!