in

Mahasiswa Universitas Hindu dari Bali Ini Jadi Delegasi Indonesia dalam Youth Excursion Network Chapter Malaysia

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Hindu Negeri, I Gusti Bagus Sugriwa, Ni Kadek Yukiana Dewi. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa, Ni Kadek Yukiana Dewi, terpilih menjadi salah satu delegasi Indonesia, dalam Youth Excursion Network, chapter Malaysia.

Mahasiswa semester lima ini, akan menjalani serangkaian program orientasi persiapan keberangkatan pada 26 – 29 Februari 2024.

Youth Excursion Network merupakan program pertukaran pemuda, yang dirancang secara spesifik untuk generasi emas Indonesia.

Program ini ingin memperkaya pengalaman pemuda Indonesia melalui pertukaran budaya, sejarah, dan pengetahuan lainnya dengan negara tujuan. Selain itu, program ini didesain juga untuk membentuk networking antarmahasiwa.

“Saya merasa sangat excited. Ketika diumumkan menjadi delegasi dalam even ini. Akan banyak pengalaman yang bisa saya dapatkan, seperti, melatih public speaking dengan orang-orang luar negeri, juga bisa mengeksplore lebih jauh mengenai pendidikan dan kebudayaan,” kata Ni Kadek Yukiana Dewi, di Bali, Rabu (17/1/2024), seperti dirilis kemenag.go.id.

Ni Kadek Yukiana Dewi mengatakan dia akan banyak belajar hal-hal positif yang mampu mengubah mindsetnya ke arah lebih baik.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada civitas academika UHN IGB Sugriwa, yang telah memberikan kesempatan kepadanya untuk mengikut event ini.

Proses demi proses dilalui Ni Kadek Yukiana Dewi dengan optimistis, hingga terpilih menjadi sebagai delegasi.

“Mulai dari tahap adminitrasi pemberkasan. Astungkara, dinyatakan lulus oleh panitia dan lanjut ke tahap 2 mencari 40 besar,” kata Ni Kadek Yukiana Dewi.

Menurut Ni Kadek Yukiana Dewi, proses selanjutnya adalah ujian tentang pengetahuan wawasan kebangsaan. Sementara tahapan ketiga adalah Focus Group Discussion (FGD).

“Semua proses berlangsung secara online dan students exchange dengan orang Jepang, yang dibina langsung oleh Mr. Wahyu,” tutur Ni Kadek Yukiana Dewi.

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana merasa bangga atas raihan Ni Kadek Yukiana Dewi. Dia berharap prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa UHN IGB Sugriwa lainnya untuk turut memajukan kampus ke arah yang lebih baik, utamanya menuju kampus berkelas internasional.

“Indonesian Youth Excursion Network (IYEN) adalah program kepemudaan internasional yang diselenggarakan Youth Excursion di Malaysia,” kata I Gusti Ngurah Sudiana.

Program ini, lanjut I Gusti Ngurah Sudiana, dirancang khusus untuk pemuda dan pemudi yang ingin memperluas wawasan melalui pengalaman belajar di luar negeri, dengan memberikan kesempatan bagi peserta untuk memahami budaya, sejarah, dan kehidupan sehari-hari di negara lain. Selain itu, peserta juga bisa memperoleh pengetahuan baru sekaligus membangun jaringan sosial dengan peserta lainnya.

“Selamat kepada Ni Kadek Yukiana Dewi. Terus belajar dan belajar, gapai cita-cita sekaligus torehkan prestasi membangun kampus yang lebih baik,” tandas I Gusti Ngurah Sudiana. (HS-08).

Presiden Sebut Masjid Negara di IKN Presentasi Kemajemukan Indonesia

Paruh Kedua Premier League Makin Sengit