Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Mahasiswa KKN Upgris Tanam 1.000 Bibit Pohon di Desa Pilangrejo, Demak

Camat Wonosalam, Sri Utami secara simbolis melakukan penanaman pohon di Desa Pilabgrejo, Jumat (7/2/2020).

 

 

HALO SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (Upgris) 2020 melaksanakan aksi tanam 1.000 bibit pohon sebagai penghijauan dan tanggap peduli lingkungan di wilayah Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jumat (7/2/2020).

Kegiatan tanam 1.000 bibit pohon ini dipusatkan di Desa Pilangrejo, Kecamatan Wonosalam dan dihadiri oleh Camat Wonosalam, Sri Utami beserta Kepala Desa Pilangrejo, Tugiman, anggota Karang Taruna Kecamatan dan desa, beserta mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang.

Acara dimulai dengan apel bersama yang dipimpin oleh Camat Wonosalam dilanjutkan penyerahan bibit kepada warga. Secara simbolis, Camat Wonosalam, Sri Utami juga melakukan pohon diikuti peserta lain.

Koordinator mahasiswa KKN Upgris di Kecamatan Wonosalam, Faiz Rahmad Fahrevi mengatakan, 1.000 bibit pohon kemudian dibagikan kepada desa yang ditempati mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang.

“Aksi tanam pohon ini merupakan bagian dari kegiatan sosial selama kami KKN di tengah masyarakat. Ini untuk membantu program pemerintah desa dalam menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa jenis pohon yang kami tanam di antaranya bibit jambu biji, sirsak, dan sengon,” katanya.

Camat Wonosalam, Sri Utami mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai upaya penghijauan di desa.

“Ini juga sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan terhadap lingkungan,” katanya.

Dia pun berharap tanaman yang ditanam mahasiswa KKN bisa dirawat oleh warga.

“Tanaman dapat bermanfaat kalau dirawat. Maka warga kami minta merawat tanaman, misalnya dengan dipasangi bambu dan secara rutin disiram agar tidak kering,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Pilangrejo, Tugiman manyampaikan, sebagai kepala desa dirinya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang yang sudah membantu melestarikan alam Desa Pilangrejo.

“Akhirnya sepanjang jalan poros desa nantinya akan nampak sejuk dan asri berkat bantuan mahasiswa KKN. Adanya aksi penanaman ini diharapkan masyarakat bisa merawat serta lebih tanggap terhadap lingkungan sekitar,” tandasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang