Mahasiswa KKN Upgris Ajarkan Pemanfaatan Daun Bakau Menjadi Olahan Makanan Kepada Warga Kendal

Mahasiswa KKN Upgris mengajarkan masak ibu-ibu pengurus PKK Desa Kumpulrejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Kamis (13/2/2020).

 

HALO SEMARANG – Memasak merupakan kegiatan yang sangat digemari banyak kalangan, baik muda maupun tua. Apalagi pada zaman sekarang ibu-ibu muda seringkali mencoba hal-hal baru terkait resep makan yang akan di buat.
Oleh karena itu, mahasiswa KKN Kumpulrejo berusaha mengajarkan memasak satru dan keripik daun bakau bersama ibu-ibu pengurus PKK Desa Kumpulrejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Kamis (13/2/2020).

Keripik daun bakau memang masih asing bagi masyarakat Desa Kumpulrejo. Padahal di sana potensi daun bakau sangat banyak dan mudah didapat. Masyarakat pun antusias untuk mengukuti kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali penjelasan tentang produk-produk yang akan dibuat. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang jenis produk yang akan dimasak. Setelah itu para mahasiswa memberikan sebuah demo bagaimana olahan itu dibuat dan menjelaskan bagaimana cara untuk memasarkannya.

“Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan ibu-ibu PKK sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini,” ujar Koordinator Desa KKN Kumpulrejo, Suharso.

“Kegiatan yang di ikuti oleh 28 pengurus ini bukan hanya mengajarkan bagaimana memasak tetapi pemilihan bahan yang tepat sebagai inovasi baru, serta bagaimana cara pemasaran barang tersebut,” imbuhnya.

Ketua PKK Desa Kumpulrejo, Ema Rohmawati mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Upgris 2020 ini sangat positif bagi warga, terutama bagi ibu-ibu. Karena mereka dapat menambah wawasan terkait dengan produk yang akan dibuat dan mereka pun antusias karena acaranya tidak monoton.

“Saya harap kegiatan ini bisa memberikan pengaruh positif bagi warga. Terutama bagi ibu-ibu yang hobi masak serta tertarik dengan produk-produk masakan baru,” tambahnya.

Sementara itu salah satu mahasiwa KKN Desa Kumpulrejo Bidang Kewirausahaan, Nuril Iskarima mengungkapkan, kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

“Selain menambah wawasan mereka, kegiatan seperti ini juga bisa menumbuhkan perekonomian di setiap keluarga,” paparnya.

Para anggota PKK lainnya pun menyambut baik acara yang telah diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Desa Kumpulrejo.

“Kegiatan ini memotivasi kami. Tentunya apa yang saya dapat penyuluhan ini akan saya terapkan di rumah,” ungkap Ani, salah satu Pengurus anggota PKK Desa Kumpulrejo.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Penaggung jawab (PJ) Kepala Desa Kumpulrejo, Teguh Raharjo dan seluruh perangkat Desa Kumpulrejo.

“Ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya ibu rumah tangga di Desa Kumpulrejo, supaya lebih produktif,” tegasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.