in

Mahasiswa KKN Undip Buat Alat Hand Sanitizer Otomatis Berbasis Infrared

Mahasiswa KKN Undip Semarang membuat alat hand sanitizer otomatis berbasis infrared di RT 5 RW 1, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, baru-baru ini. 

 

HALO SEMARANG – Dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro pada masa pandemi ini, mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan kegiatan KKN pulang kampung, yaitu KKN di lokasi tempat tinggal masing-masing.

Salah satunya mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro dari program studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik melakukan KKN di Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang sebagai tempat untuk melaksanakan KKN tersebut.

Dalam melakukan kegiatan KKN, mahasiswa tersebut membuat dan melaksanakan salah satu program kerja KKN, yakni membuat alat handsanitizier otomatis dengan menggunakan sensor infrared untuk mendukung program kegiatan masyarakat Kelurahan Tembalang.

“Dengan program kerja tersebut masyarakat dapat menggunakan alat handsanitizier tersebut tanpa harus menyentuh, sehingga dapat mengurangi kontak fisik antarmasyarakat Kelurahan Tembalang,” terang Daniel Sianipar, mahasiswa KKN Undip Semarang, Selasa, (11/8/2021).

Dia mengungkapkan, bahwa untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 salah satunya adalah dengan mengurangi kontak fisik antarwarga.

“Dengan begitu nantinya alat tersebut dapat digunakan untuk membersihkan tangan dari virus ataupun bakteri lainnya,” kata dia.

Dalam pelaksanaan program ini juga dibuat buku panduan untuk pembuatan alat hand sanitizer otomatis tersebut.

“Pembuatan alat ini memang dibutuhkan sensor, tetapi dalam pembuatannya sangat sederhana dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang kompleks, serta biaya pembuatannya murah,” imbuh Daniel, mahasiswa Program Studi Teknis Mesin Undip.

Dengan modul yang sudah lengkap dan komponen yang disediakan diharapkan membuat pemuda di lingkungan wilayah RT 05 RW 01, Tembalang semakin mudah memahami dalam proses pembuatannya.

Alat hand sanitizer yang telah dibuat akan ditempatkan di tempat yang sering dikunjungi warga yaitu masjid. “Dengan adanya alat hand sanitizer ini diharapkan tidak ada penularan Covid-19 pada lingkungan warga RT 05 RW 01 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang,” pungkasnya.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Rabu (11/8/2021)

Lapas Semarang Siap Menuju Wilayah Bebas Korupsi