in

Mahasiswa KKN Undip Beri Sosialisasi Literasi Digital dan Penggunaan Ponsel Pintar

Mahasiswa KKN Undip melaksanakan program sosialisasi literasi media sosial dan penggunaan gadget dan kegiatan lomba wawasan seputar Covid-19 di RT 08 RW 03 Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, baru-baru ini.

 

HALO BREBES – Guna meminimalisir adanya kerumunan sehingga menghindari kemungkinan terjadinya penularan virus Covid-19, mahasiswa Undip Semarang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Yakni program KKN Pulang Kampung.

KKN Pulang Kampung merupakan nama lain dari program KKN Reguler yang diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan yang dulunya dilakukan secara berkelompok, kini berubah menjadi individu. Dan menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan dilaksanakan setiap mahasiswa.

Kegiatan KKN ditempuh oleh mahasiswa selama kurang lebih 45 hari kerja, yakni dimulai pada tanggal 30 Juni hingga 12 Agustus 2021.

Salah satu KKN Pulang Kampung juga diadakan di Desa Wangandalem RT 08 RW 03 Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018, Rugayah.

Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, Rugayah memilih untuk membuat dua program kegiatan yang berkaitan dengan bidang ilmu dan Tema KKN, yang pertama adalah program “Sosialisasi Literasi Digital Mengenai Penggunaan Media Sosial dan Penggunaan Gadget untuk Siswa” dan program yang kedua adalah “Lomba Cerdas Cermat wawasan seputar Covid-19” bagi ibu rumah tangga di lingkungan sekitar RT 08 RW 03 Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Menurut Rugayah, alasan dirinya membuat program tersebut adalah karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang sudah ada di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, kenyataan di lapangan yang memperlihatkan masih banyak siswa yang tidak mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah dengan baik, tetapi justru waktunya dihabiskan dengan asik bermain media sosial dan gadget, hingga lalai dengan kegiatan sekolah.

“Banyak sekali siswa di lingkungan sekitar RT 08 RW 03 Desa Wangandalem tersebut yang setiap harinya hanya fokus bermain dan lalai terhadap kegiatan sekolah,” ujar Rugayah, Selasa (10/8/2021).

Adapun program “Sosialisasi Literasi Digital Mengenai Penggunaan Media Sosial dan Penggunaan Gadget untuk Siswa”, lanjut dia, dilakukan lebih awal yaitu pada Minggu ke-3 pelaksanaan KKN, pada tanggal 18 Juli 2021 pukul 10.00 WIB dengan dihadiri oleh delapan audiens yang berasal dari siswa SD dan SMP.

“Kemudian program yang kedua, Lomba Cerdas Cermat wawasan seputar Covid-19 dilakukan pada minggu ke-4 di tanggal 27 Juli 2021 pukul 15.00 WIB dengan dihadiri oleh 6 (enam) ibu rumah tangga,” imbuhnya.

Pelaksanaan lomba itu, terpaksa dengan jumlah peserta yang dibatasi mengingat untuk menghindari kerumunan agar tidak memunculkan kasus baru positif Covid-19. Sebab yang mana pada bulan sebelumnya sudah terdapat tiga kasus positif di wilayah tersebut.

Rugayah tidak bisa melakukan pilihan dengan melaksanakannya secara online memanfaatkan platform Zoom, dikarenakan masyarakat maupun siswa sekitar belum familiar dengan cara tersebut.

“Semoga dengan adanya program KKN ini bisa makin menambah pengetahuan dan wawasan warga terutama, seputar cara dan bagaimana untuk mencegah penularan virus corona agar tidak menyebarluas,” pungkasnya.(HS)

Share This

Warga Tak Punya Identitas Tetap Bisa Divaksin

Hello Campus Jadi Sarana Mahasiswa Baru Udinus Mengenal Perkuliahan