in

Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Tentang Ketahanan Siber kepada Pelaku UKM

Mahasiswa KKN Undip Semarang memberikan sosialisasi dan edukasi terkait Ketahanan Siber kepada salah satu pelaku UKM, Senin (3/8/2021).

 

HALO SEMARANG – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2021 melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi terhadap pentingnya ketahanan siber untuk pelaku UKM di wilayah RT 07/RW 01, Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021, yang dibimbing oleh Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST, MEng, melakukan kegiatan sosialisasi dengan menemui beberapa pelaku UKM dan juga melalui platform Whatsapp.

Mengingat bahwa masih berjalannya PPKM, maka kegiatan sosialisasi tetap berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Di tengah pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatan, baik itu sektor pendidikan, ekonomi mau tidak mau harus dijalankan secara daring. Sehingga hal ini membuat masyarakat Indonesia harus melek teknologi agar dapat menjalankan kegiatan secara daring.

Untuk itu, karena banyak dari masyarakat Indonesia yang sudah menggunakan teknologi dan mudah mengakses internet, namun ternyata masih banyak masyarakat yang masih belum tahu akan bahaya kejahatan siber di dunia maya atau internet. Salah satunya bagi pelaku UKM di RT 7/ RW 1 Kelurahan Kedungmundu, Tembalang, Semarang.

Dalam Kegiatan KKN UNDIP Tim II 2021, Zefanya SDI Picaulima melakukan kegiatan sosialisasi kepada pelaku UKM di RT 7, RW 1, Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang untuk bisa melek akan kejahatan siber.

Apalagi sebagai pelaku UKM dalam menjalankan usahanya, tentunya tak lepas menggunakan teknologi untuk menyimpan data-data rahasia serta menggunakan beberapa platform, seperti Gojek, Grab dan Shopee.

Zefanya menjelaskan, kepada pelaku UKM bahwa bagaimanapun kejahatan siber saat ini dapat dilakukan pada waktu yang tidak terduga. Sehingga perlu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan siber.

“Saya juga mengajak para pelaku UKM untuk tetap waspada dan selalu hati-hati dengan cara menjaga ketahanan siber yang baik dan benar. Agar terhindar dari hal-hal yang bersifat merugikan dan penyalahgunaan data pribadi,” pungkas Zefanya.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Kamis (5/8/2021)

Upaya Mengurangi Risiko Kematian Akibat Varian Baru, Perlunya Adaptasi Dan Proaktif Masyarakat