Mahasiswa KKN UIN Walisongo, Latih Santri Olah Cemilan Olos

Pelatihan pembuatan jajanan khas Tegal yaitu “Olos” di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kaliwungu, Senin (9/11/2020).

 

HALO KENDAL – Salah satu Mahasiswa KKN UIN Walisongo, Lina Izzatul Wardah mengadakan pelatihan pembuatan jajanan khas Tegal yaitu “Olos” di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kaliwungu, Senin (9/11/2020).

Karena masih masa pandemi, maka kegiatan pelatihan hanya diikuti oleh tujuh peserta dengan tetap melaksanakan protocol kesehatan.

Tujuan diadakannya pelatihan ini, dalam rangka membantu jalannya koperasi pondok tersebut, sehingga menambah variasi barang yang dijual di koperasi.

“Jajanan Olos ini selain mudah dibuat, juga bahan-bahanya mudah didapat. Sehingga tidak sulit membuatnya, dan jajanan ini dapat dijual dengan harga terjangkau,” ungkap Lina.

Dijelaskan, Olos adalah cemilan dengan adonan campuran tepung terigu dan tapioka yang digoreng berbentuk bulat.

“Isiannya berupa kol yang ditumis dan dikombinasikan bersama irisan cabai rawit, menjadikan sensasi rasa pedas saat digigit dan digemari para penikmat pedas,” jelasnya.

Vina salah seorang peserta dari Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kaliwungu mengungkapkan, bahwa pelatihan ini sangat membantu untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengolahan jajanan.

“Selain itu juga dapat membantu koperasi pondok kami dalam memberikan ide penjualan. Dengan ikut pelatihan ini ya semakin tambah pengetahuan membuat jajanan,” ungkapnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.