in

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bantu Kegiatan Posyandu

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang yang melaksanakan KKN mandiri insiatif terprogram, melakukan pendampingan kegiatan posyandu di Dusun Kalongan Desa Purwogondo. (Foto : Dok Puput Nurmala)

 

HALO SEMARANG – Para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) mandiri insiatif terprogram (MIT) tahun ini, memprioritaskan program kerja di bidag  kesehatan. Hal ini karena KKN tahun ini berlangsung ketika wabah Covid-19 belum berakhir.

Puput Nurmala, Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Semarang, dalam keterangan pers yang disampaikan ke Halo Semarang, mengatakan pihaknya memang sengaja menyelaraskan program kerja KKN, dengan upaya pencegahan Coviod-19.

Salah satu program kerja kelompok KKN UIN Walisongo tersebut, adalah membantu kegiatan Posyandu di Desa Purwogondo, Kendal.

Program kerja ini dilaksanakan secara bergantian di setiap dusun di Desa Purwogondo. Seperti kegiatan posyandu yang dilaksanakan Kamis, (4/2) lalu., menurut dia diikuti 30 anak dan 15 lansia.

Bidan yang bertugas pada posyandu kali ini, merupakan Bidan Desa Purwogondo, yaitu Noviarti Setyoningrum A Md Keb serta terdapat kader-kader posyandu yang membantu proses posyandu.

Seluruh pihak yang mengikuti Posyandu diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Para mahasiswa KKN dan petugas posyandu harus memakai masker dan faceshield, serta menjaga jarak satu sama lain. Adapun warga yang datang, juga wajib bermasker.

Kegiatan posyandu dimulai dengan menimbang dan mengukur pertumbuhan badan balita, serta mengisi buku kesehatan ibu dan anak (KIA), serta beberapa informasi lain.

Balita dan lansia juga memperoleh makanan tambahan berupa biskuit dan susu kedelai.

Bidan Desa, Noviarti Setyoningrum mengatakan dalam pelaksanaan posyandu kali ini, selain pemberian makanan tambahan, balita juga memperolehi obat cacing dan Vitamin E,

“Penambahan obat cacing berfungsi untuk menambah berat badan pada anak serta  pemberian vitamin E berguna untuk meningkatkan system kekebalan tubuh pada anak.” kata Bidan Noviarti Setyoningrum. (HS-08)

Share This

Dampak Vaksinasi Terlihat, Jumlah Nakes Jateng yang Terpapar Covid Turun Drastis

Kembali ke Kesatuan, Barang Bawaan Milik Satgas Yonif 125 dan Yonmek 516 Yang Purna Tugas (Merauke) Di-sweeping