in

Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM Gelar Pelatihan Konten Podcast di SMKN 1 Semarang

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang menggelar pelatihan Podcast kepada siswa SMKN 1 Semarang, Senin (1/3/2024).

HALO SEMARANG – Di era serba digital membuka peluang baru bagi generasi muda untuk berkarya dan mengekspresikan diri. Salah satunya melalui podcast, media audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet, dan yang kian populer dan digemari berbagai kalangan.

Oleh karena itu, sejumlah mahasiswa dari Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menginisiasinya dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan produksi play on demand and broadcast (podcast) bertempat di SMKN 1 Semarang pada Senin, (1/4/ 2024).

Kegiatan ini diharapkan dapat membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan dalam membuat podcast yang menarik dan informatif. Dan diikuti sebanyak 28 siswa dari kelas X jurusan Broadcasting Televisi yang nampak antusias mengikuti pelatihan yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Muzib Fahmi Bahroni, selaku Ketua Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) USM, yang juga sekaligus membuka acara tersebut, menyampaikan pentingnya keterampilan komunikasi di era digital, dan podcast sebagai salah satu media konten yang efektif untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat.

“Sehingga di dalam pelatihan ini, mahasiswa Universitas Semarang berbagi ilmu mengenai materi dasar podcast, mulai dari jenis-jenis podcast, manfaat, aplikasi dan alat yang digunakan hingga proses memproduksi atau upload konten podcast,” katanya.

Siswa SMKN 1 Semarang, kata dia, pun antusias mengikuti dari awal sampai akhir acara.

“Hal ini terlihat mereka aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan saat test. Dan saat mereka mempresentasikan ide-ide podcast mereka,” ujarnya.

Suasana semakin meriah saat pengumuman doorprize bagi para peserta yang aktif dalam pelatihan kali ini. Selanjutnya, beberapa siswa terpilih akan mendapatkan kesempatan praktik produksi podcast di Lab. Televisi Universitas Semarang secara langsung.

Tim PKM Universitas Semarang yang terdiri dari 12 orang mahasiswa berharap kegiatan ini dapat mengembangkan minat dan bakat siswa SMKN 1 Semarang dalam bidang podcasting. Kedepan Kerjasama antara USM dan SMKN 1 Semarang ini diharapkan lebih erat lagi, dan dapat menciptakan generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi untuk berkarya.

Kemudian, pelatihan ini ditutup dengan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para guru dan siswa SMKN 1 Semarang, dan berfoto bersama serta pemberian kenang- kenangan. (HS-06)

 

Pj Gubernur Jateng Pastikan Persediaan Pangan dan Energi Aman Selama Lebaran

Tertabrak Kereta di Perlintasan Tanpa Palang Semarang, Pria Tanpa Identitas Meninggal