in

Mahasiswa Ilkom USM Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku UMKM Kampung Jawi

Pelatihan Digital Marketing oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM kepada pelaku UMKM bertempat di Kampung Jawi, Kelurahan Sukorejo, Kota Semarang, Sabtu (29/6/2024).

HALO SEMARANG – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat berupa Pelatihan Digital Marketing dan Regenerasi Perempuan untuk Optimalisasi Pemasaran dan Penjualan UMKM yang berlokasi di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital marketing dan kesetaraan gender dalam konteks pemasaran UMKM, yang diikuti sebanyak 45 peserta terdiri dari pelaku UMKM di Kampung Jawi dan ibu-ibu pengurus PKK Kelurahan Sukorejo.

Dalam kesempatan ini, juga turut hadir Ketua MBKM Muzib Fahmi Bahroni, Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi USM Edi Nurwahyu Julianto dan ketua Pengelola Kampung Jawi Siswanto.

Adapun sebagai narasumber dengan menghadirkan ahli yang berkompeten dalam bidang UMKM. Yakni Dosen Ilmu Komunikasi yang juga sekaligus sebagai Owner Bebek Rempah, Naneth Pujiastuti. Dalam materinya, Naneth membagikan pengetahuannya dalam mengelola UMKM. Naneth menambahkan, bahwa semangat menjadi modal utama dalam upaya mengembangkan bisnisnya sehingga bisa bertahan sampai saat ini.

“Memang kita selain memiliki semangat yang kuat untuk berusaha, juga harus berani mengeksplorasi bakat dan jeli melihat peluang usaha yang akan ditekuni,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan bagaimana bisnis atau usaha bisa terbentuk dari modal nekat atau tekad yang kuat.

“Kadang penting selain modal keinginan yang kuat untuk memulai usaha, tapi jangan lupa perlu konsistensi dan berjuang lebih keras lagi,” pesannya.

Salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi, Rizki Cahya juga ikut berbagi pengetahuan mengenai strategi konten dalam bisnis kepada pelaku UMKM dan Ibu- Ibu PKK Kelurahan Sukorejo. Menurut Rizki, di era serba digital ini, pelaku UMKM harus mengikutinya agar tetap eksis dan berkembang.

“Bagaimana pun pelaku UMKM terus mengikuti perkembangan zaman, misalnya penjualan atau memasarkan produk UMKM secara online, biar jangkauan pasarnya menjadi luas dan meningkatkan dari sisi omzet juga,” jelasnya.

Selanjutnya, acara ditutup dengan pemberian plakat kepada Ketua Pengelola Kampung Jawi sebagai bentuk penghargaan atas partisipasinya dalam kegiatan ini. Serta dipungkasi dengan sesi berfoto bersama. (HS-06)

Rentan Peretasan, Pakar IT Udinus Sarankan Server PDN Diback-up Tiga Server

Persiapan Tuan Rumah Porprov XVII/2026, KONI Kendal Kembali Gelar Pertemuan Bersama Cabor