in

Mahasiswa Harus Dibebaskan dari Paham Radikalime

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. (Foto : bnpt.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menekankan pentingnya upaya untuk membebaskan generasi muda, dari ancaman pengaruh penyebaran paham politik transnasional, radikalisme, dan intoleransi.

Hal itu disampaikan Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, saat peremian Warung NKRI Gogo Fried Chicken and Gogo Coffee Universitas Universitas Udayana, Jl Raya Kampus Unud Nomor 2013, Jimbaran, Bali, Rabu (29/3/2023).

“2045 tahun Indonesia emas, kita tidak ingin bonus demografi jadi bencana demografi, kita persiapkan generasi muda hari ini terbebas dari ideologi transnasional dari intoleransi, radikalisme, terorisme,” kata dia, seperti dirilis bnpt.go.id.

Warung NKRI ini merupakan yang ke-25, namun menjadi yang pertama di pulau dewata.

Dalam Warung NKRI di sekitar kampus Universitas Udayana ini, akan ada dialog-dialog kebangsaan, untuk meningkatkan imunitas mahasiswa dan generasi muda pengisi Indonesia emas 2045 di tengah gempuran ideologi transnasional.

Menurut Boy, memang diperlukan upaya membumikan narasi-narasi kebangsaan, sebagai bagian dari upaya pencegahan radikal intoleran.

“Narasi kebangsaan yang kita angkat ini, dengan konsep warung yang lebih membumi karena ruang publik kita tertindih narasi-narasi yang anti kebangsaan contohnya narasi intoleransi, radikalisme, terorisme,” kata Boy Rafli.

Lebih lanjut dikatakan, Warung NKRI dipersiapkan, salah satunya untuk memberdayakan para mantan narapidana kasus terorisme dan penyintas aksi teror.

“Di beberapa tempat (lokasi Warung NKRI, Red.) dimanfaatkan oleh penyintas dan eks narapidana kasus terorisme untuk menjadi ladang pekerjaan, yang membuat mereka mandiri secara ekonomi. Kami menemukan itu di beberapa Warung NKRI di berbagai daerah,” ungkap Kepala BNPT, seperti dirilis tribratanews.polri.go.id, Rabu (29/3/23).

Diketahui, ada dua jenis Warung NKRI, yang pertama memang sengaja dibangun dengan nama Warung NKRI, sementara yang kedua Warung NKRI BNPT bekerja sama dengan warung atau kedai kopi yang telah berdiri.

Di Bali, Warung NKRI bekerja sama dengan franchise ayam goreng siap saji Gogo Fried Chicken.

Walaupun demikian, di kedai ayam goreng itu, ada pula kedai kopi yang menjual teh dan kopi berlogo Warung NKRI BNPT.

Kepala BNPT menambahkan teh dan kopi yang dijual di Warung NKRI, juga memuat narasi kebangsaan, karena teh berlogo khusus itu merupakan singkatan dari toleransi, empati, dan harmoni. Sementara kopi merupakan singkatan dari kerukunan obat persatuan Indonesia.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali Drs. I Gusti Ngurah Wiryatama, M.Si menyampaikan rasa optimisnya jika Warung NKRI dapat meningkatkan daya tangkal dan peran masyarakat dalam memberantas radikal terorisme.

“Warung NKRI diharapkan mampu meningkatkan daya tangkal dan peran serta masyarakat mencegah radikalisme terorisme,” kata Wiryatama. (HS-08)

Modus Penipuan Travel Umrah, Polri : Beli 9 Tiket Gratis 1

Korps Brimob Polri Sebut Punya Wind Tunnel Terbesar se-Asia Tenggara