Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Mahasiswa Fakultas Teknik USM Dibekali Wawasan Kebangsaan

Dekan Fakultas Teknik Purwanto ST MT Menyampaikan Materi dalam Acara Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Auditorium Ir Widjatmoko USM (10/10/2019).

 

HALO SEMARANG – Sesuai dengan visi Universitas Semarang (USM) untuk meciptakan mahasiswa yang memiliki karakter berke-Indonesiaan, USM menggelar kuliah umum bertajuk “Wawasan Kebangsaan” di Auditorium Ir Widjatmoko USM (10/10/2009).

Kegiatan ini menjadi serangkaian dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-D), sehingga diharapkan mahasiswa baru sejak dini memiliki karakter kebangsaan.

Adapun kegiatan yang diikuti oleh 352 mahasiswa baru Fakultas Teknik ini menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Teknik, Purwanto ST MT, yang menyampaian materi tentang “Implementasi Kepemimpinnan Nasional Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”.

Purwanto menyampaikan, bahwa yang menjadi tantangan generasi saat ini adalah bagaimana mengimplementasikan bentuk kepemimpinan nasional dalam kehidupan bermasyarkat, berbangsa, dan bernegara.

“Tentunya mahasiswa harus berpegang pada unsur moral dan etika, harus memiliki integritas, karakter, komitmen, dan tidak lupa bekal kompetensi dan kemampuan. Inilah bentuk esensi kepemimpinan nasional,” tuturnya.

“Mahasiswa sebagai agent of change harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan peran tersebut, dengan bekal kompetensi dan kemampuan di masing-masing bidang untuk kemajuan bangsa,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitai, Martha Try Handayani dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik (FT) USM mengatakan, adanya kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dalam agenda LKMM-D ini dinilainya sangat penting bagi mahasiswa. Sehingga menjadi salah satu bekal para mahasiswa baru selama menjalani aktivitas di kampus.

“Saya berharap materi ini dapat dipahami secara mendalam oleh para mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa baru yang menjadi peserta, tentunya bagi kami juga para aktivis organisasi mahasiswa yang menjadi panitia di sini,” tutur Martha.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang