in

Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNNES Beri Pendampingan Gizi bagi Atlet SBV VOPAS Semarang

Mahasiswa Program Studi Gizi S1 Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan praktik kerja lapangan (PKL) tentang pendampingan gizi olahraga bagi para atlet voli di Sekolah Bola Voli (SBV) VOPAS Semarang.

HALO SEMARANG – Mahasiswa Program Studi Gizi S1 Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan praktik kerja lapangan (PKL) tentang pendampingan gizi olahraga bagi para atlet voli. Kegiatan ini dirancang guna memberikan pengalaman bagi mahasiswa/i untuk mengaplikasi ilmu gizi dalam mengidentifikasi masalah gizi pada atlet dan upaya pemecahan masalah gizi pada atlet, dengan menerapkan kaidah-kaidah ilmiah dan berdasarkan fakta.

PKL pendampingan gizi olahraga ini sebagai salah satu implementasi bagi mahasiswa untuk terjun langsung di bidang pendampingan gizi bagi para atlet olahraga. Mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan gizi pada atlet khususnya cabang olahraga bola voli di Kota Semarang.

Kegiatan PKL ini dilaksanakan secara berkelompok yang beranggotakan Anisyah Nazwa, Fasty Nirawati, Dini Adlina, Elisa Dwi, Sherly Oktania di Sekolah Bola Voli (SBV) VOPAS Semarang.

Kegiatan PKL berlangsung selama tiga pekan, terhitung dari tanggal 30 April 2024 sampai 20 Mei 2024. Sasaran karakteristik atlet yang dinaungi adalah atlet putri bola voli dengan rentang usia 11 – 17 tahun.

Sebelum terjun ke lapangan, tim PKL melakukan analisis situasi dan wawancara secara langsung dengan pelatih sekaligus pemilik SBV VOPAS Semarang, AM Winarno Subowo.

“Sebelumnya memang belum pernah ada kegiatan PKL dari Prodi Gizi, yang sering itu dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahragan (PKO) Fakultas Olahraga dan kesehatan. Nah, ini jadi kesempatan bagus buat temen-temen atlet voli di VOPAS Semarang untuk belajar dan menambah pengetahuan tentang gizi. Sejauh ini, anak-anak belum pernah dapat edukasi soal pengaturan makanan dan suplay gizi standar atlet,” kata AM Winarno Subowo.

Kegiatan PKL dimulai dengan dilakukannya pengumpulan data yang meliputi pengukuran antropometri, pengkajian riwayat makan, riwayat aktivitas, dan pengkajian data fisik klinis. Setelah pengumpulan data, tim PKL melakukan intervensi berupa konseling gizi secara individu dan edukasi gizi secara berkelompok. Materi yang diberikan di antaranya rekomendasi diet gizi seimbang, pola makan yang tepat, isi piringku, informasi jajanan sehat dan tidak sehat.

“Diharapkan melalui kegiatan PKL Gizi Olahraga di SBV VOPAS Semarang ini dapat menambah pengetahuan tentang kebutuhan gizi, sebagai upaya memperbaiki status gizi dan perilaku makan atlet yang lebih baik. Kegiatan PKL ini diharapkan juga memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik dari kami selaku pihak mahasiswa maupun pihak SBV VOPAS Semarang terutama bagi para atlet,” tandas Anisyah Nazwa, perwakilan mahasiswa Program Studi Gizi S1 Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (UNNES).(HS)

Pembangunan Jalur Dedicated Line BRT Trans Semarang Bakal Dibiayai Pemerintah Jerman

Banyak Pemain Asing yang Trial di PSIS, Begini Tanggapan Yoyok Sukawi