in

Mahasiswa Baru Polimarin Semarang Dituntut Cinta Tanah Air, dan Berdaya Saing Global

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang, Kamis (2/9/2021).

 

HALO SEMARANG – Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang mengelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan PKKMB digelar secara hibrid dengan menghadirkan nara sumber dari beberapa instansi dan lembaga.

Direktur Polimarin, Ir Akhmad Nuriyanis MT mengungkapkan, sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru, mulai tahun 2021 proses pembelajaran dilakukan dengan kombinasi daring dan tatap muka (luring).

Kondisi itu merupakan penyesuaian dari perguruan tinggi untuk memodifikasi pembelajaran sesuai dinamika kurikulum.

“Meskipun detik ini kita masih berada di situasi wabah pandemi Covid-19, namun tekat dan ikhtiar kita bersama untuk tetap menjalankan misi mencerdaskan kehidupan bangsa tidak boleh tertunda apalagi terhenti,” kata Akhmad Nuriyanis dalam sambutannya di Kampus Polimarin, Kamis (2/9/2021).

Ia berujar kepada mahasiswa baru ihwal perubahan fase yang dialami mahasiswa dalam membentuk jati diri sebagai manusia seutuhnya melalui pendidikan tinggi.

Sebagai mahasiswa, lanjut Akhmad, dituntut meneruskan pembelajaran dari Ki Hadjar Dewantara, paradigma pendidikan harusnya berpulang pada kemerdekaan belajar dan kemandirian pelaku belajar untuk mendapatkan nilai dan tujuan hidup sebagai manusia seutuhnya yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa.

“Dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, SKS diartikan dalam jam kegiatan, sehingga ada fleksibilitas bagi mahasiswa menuntut ilmu, baik secara tatap muka perkuliahan, maupun kegiatan lainnya seperti magang, wirausaha, mengajar di desa, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB Polimarin, Rahindra Bayu K MSi menambahkan, terdapat 112 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan bertajuk Pendidikan Dasar & Bela Negara tersebut.

Melalui Pendidikan Dasar & Bela Negara, lanjutnya, mahasiswa diberikan bekal agar kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

“Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 6 Jawa Tengah, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Forum Komunikasi Bela Negara Jawa Tengah, LANAL Semarang, dan Polrestabes Semarang dijadwalkan untuk mengisi materi,” ungkap Bayu.

PKKMB dilaksanakan dalam bentuk ceramah, simulasi dan metode lain dengan dipandu oleh para moderator dan instruktur serta memanfaatkan media kreatif dan teknologi informasi. Waktu Kegiatan dilaksanakan selama lima hari, dimulai pada hari Kamis (2/8/2021) hingga Senin, (6/7/2021).

“Tempat kegiatan dilaksanakan dari kampus Polimarin selaku penyelenggara dan di tempat tinggal masing-masing Mahasiswa selaku peserta,” imbuhnya.(HS)

Share This

Destinasi Wisata Dibuka, Pengunjung Dituntut Booking Online Tiket

PTM Kembali Dibuka, Pelajar Di Semarang Sambut Dengan Tawuran