in

Mageri Segoro, Polres Pekalongan Tanam 2.500 Mangrove di Pantai Depok dan Wonokerto

Personel Polres Pekalongan, bersama TNI, Pemkab, dan warga menanam pohon bakau di pesisir pantai. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Kepolisian Resor (Polres) Pekalongan, menanam 2.500 bibit bakau atau mangrove, di kawasan pesesir, di wilayah Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19.

Kapolres Pekalongan AKBP Dr Arief Fajar Satria SH SIK MH, melalui Kasi Humas Ipda Heru Santoso, Senin (4/10) mengatakan dari 2.500 pohon bakau tersebut, 1.000 di antaranya ditanam di Pantai Depok Kecamatan Siwalan. Adapun 1.500 lainnya ditanam di Pantai Wonokerto, Kecamatan Wonokerto.

“Program yang digagas Kapolda Jateng irjen Pol Ahmad Luthfi ini, adalah dalam rangka mendukung pemerintah khususnya  program  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19, melalui Rehabilitasi Hutan mangrove, seperti yang sudah dicanangkan Presiden Jokowi, di berbagai wilayah pesisir,” kata dia, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Ipda Heru mengungkapkan, kegiatan yang mengusung tema Mageri Segara Mangrove, mempunyai arti memasang pagar lautan dengan tanaman mangrove. Hutan mangrove memberikan banyak manfaat, termasuk mencegah abrasi, mengurangi emisi karbon, dan menjaga ekosisitem di wilayah pesisir pantai.

“Program penanaman mangrove dengan mengusung tema Mageri Segara Mangrove ini tidak hanya dilakukan oleh Polres Pekalongan saja, namun juga dilaksanakan oleh 12 Polres lainnya diwilayah Polda Jawa Tengah yang mempunyai daerah pesisir pantai,” ujar Ipda Heru.

Usai kegiatan penanaman 2.500 pohon bakau di wilayah pantai Depok dan Wonokerto, pihaknya berharap agar seluruh elemen masyarakat, komunitas pecinta lingkungan terutama masyarakat pesisir nantinya dapat menjaga dan memelihara mangrove sehingga memberi kemanfaatan bagi masyarakat.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, Mari kita ciptakan ekosistem yeng berimbang dengan tetap menjaga dan memelihara mangrove sehingga memberi kemanfaatan bagi masyarakat. Dan jangan lupa selalu patuhi Protokol Kesehatan guna  mengurangi penyebaran Covid-19,” papar Ipda Heru. (HS-08)

Share This

Operasi Patuh 2021, Lebih dari 3 Ribu Kali Polres Purbalingga Tegakkan Prokes

Evalube Buka Official Store Untuk Lebih Dekat Dengan Konsumen