in

Mageri Segoro, Polda Jawa Tengah Akan Tanam Satu Juta Bibit Bakau Di Pesisir Pantai

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy.

 

HALO SEMARANG – Polda Jateng dalam rangka upaya menyelamatkan dan melestarikan lingkungan di pesisir pantai akan melakukan penanaman 1 juta bibit bakau di berbagai wilayah pesisir Jawa Tengah.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 12 Oktober mendatang, tidak hanya terfokus pada penanaman bibit bakau saja, namun juga diiringi pembagian sembako dan vaksinasi untuk warga.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menjelaskan, dalam kegiatan yang disebut Mageri Segoro itu, selain upaya menyelamatkan lingkungan, Polda juga mengemban misi untuk percepatan vaksinasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir.

“Nanti juga akan dilaksanakan vaksinasi untuk 2000 warga, dan Kapolda secara simbolis akan memberikan 500 paket sembako. Termasuk juga panen kerang bersama masyarakat sekitar,” ujarnya kepada halosemarang.id, Senin (11/10/2021).

Nantinya, lanjut Iqbal, sejumlah elemen masyarakat akan dilibatkan dalam kegiatan itu, antara lain dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat, akademisi, pekerja pers, dan Aktivis lingkungan.

Iqbal mengatakan, rencana Polda Jateng meluncur program  Mageri Segoro tersebut mendapat respon positif dari berbagai kalangan.

“Respon positif kami terima dari akademisi dan WALHI. Ada juga respon masyarakat yang menyatakan siap memberikan bantuan teknis maupun bantuan sosial untuk masyarakat setempat, terkait dengan Polda Jateng Mageri Segoro tersebut,” bebernya.

Tentu saja, respon dan tawaran bantuan yang tulus dari masyarakat itu akan menjadi masukan positif bagi kelangsungan program Polda Jateng Mageri Segoro.

“Program ini kan tidak berhenti di sini saja. Kita berencana menanam satu juta bakau yang dilaksanakan secara berkala dan bertahap. Ke depan, tawaran bantuan teknis dan sebagainya itu bisa kami manfaatkan, semuanya untuk kepentingan pelestarian lingkungan bahari dan pemberdayaan ekonomi masyarakatnya,” imbuhnya.

Diketahui, program penanaman mangrove nantinya akan dipusatkan di Desa Bendono, Sayung Demak. Kegaiatan ini akan diikuti oleh 13 Polres di Jawa Tengah yang mempunyai daerah pesisir pantai.(HS)

Share This

USM Bagi-bagi Bonus Untuk Mahasiswa Berprestasi di PON XX Papua

Pandemi, Pelanggan Tukang Jok Motor di Blora Ini Tak Surut