Magang Setahun, Kampus Hasilkan SDM Unggul

Foto : dok

 

HALO SEMARANG – Waktu magang mahasiswa hingga dua semester, dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Rentang waktu itu dinilai cukup bagi mahasiswa, untuk menggali potensinya.

Hal itu disampaikan Direktur Center of Excellence Universitas Dian Nuswantoro  (Udinus), sekaligus Ketua APTIKOM Indonesia, Prof Ir Zainal Arifin Hasibuan Ph D atau yang kerap disapa Prof Ucok, dalam webinar yang digelar bersama PT. Metrodata Electronics.

Webinar digelar Program Studi (Progdi) S-1 Sistem Informasi Udinus, sebagai bagian dari upaya mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2020.

Foto : dok

Selain Prof Ucok, tampil pula sebagai pembicara IT Trainer dari Metrodata, Devid Erliando Bardin, S.Kom.

Acara yang dimoderatori oleh Ketua Progdi SI, Sri Winarno, Ph.D tersebut, juga diikuti oleh ratusan partisipan, terdiri atas para dosen dan mahasiswa.

Dalam tema ‘Implementasi Magang Industri untuk Mendukung Program Belajar’, Prof Ucok mengungkapkan peran perguruan tinggi dalam kebijakan magang mahasiswa yang diperpanjang hingga 2 semester.

Menurutnya, dengan perpanjangan waktu magang ini kampus dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

“Sistem magang harus dirombak agar relevan dengan bidang keilmuan yang didapat mahasiswa dan bisa terimplementasikan dengan baik,” jelas Prof Ucok, dalam rilis yang disampaikan ke Halo Semarang,id, Sabtu (28/11).

Prof Ucok juga menegaskan jika nilai yang bisa ditujukan ke perusahaan setelah lulus tak hanya sekedar IPK, namun juga didukung dengan sertifikat kompetensi yang biasanya dimuat dalam Surat Keterangan Pendukung Ijazah (SKPI).

“Ini bisa menjadi bekal untuk rekam jejak mahasiswa sekaligus menjadi pendukung untuk dimasukkan dalam CV,” kata dia.

Selaras dengan topik yang dibahas oleh Prof Ucok, IT Trainer Devid juga memaparkan jika PT. Metrodata yang bekerja sama dengan Udinus untuk mewadahi potensi mahasiswa, pihaknya telah menyediakan program magang yang dijalankan selama satu semester.

Menurutnya rentang waktu dua bulan tidaklah cukup untuk mengembangkan potensi mahasiswa. “Jika hanya dua bulan, ibarat baru asyik belajar tiba-tiba waktunya habis, padahal potensinya baru mulai terlihat,” ungkap Devid Erliando Bardin.

Untuk memfasilitasi mahasiswa magang, PT Metrodata bahkan melakukan tes dan interview pemagang dengan tes yang sama seperti yang diberikan ke pelamar karyawan.

Karena menurut Devid, baik mahasiswa yang sudah lulus maupun yang belum lulus memiliki peluang yang sama.

“Nantinya ketika mahasiswa diterima magang, mereka juga akan memiliki peluang untuk menjadi karyawan tetap, bahkan sebelum mereka lulus,” jelasnya.

Devid pun juga membuka peluang bagi mahasiswa yang mempelajari bidang keilmuan Sistem Informatika maupun Teknik Informatika agar dapat memanfaatkan peluang dari adanya kerjasama ini.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK), Heru Agus Santoso Ph.D dalam sambutannya pun berharap jika program Merdeka Belajar Kampus Merdeka akan dapat meningkatkan kompetensi lulusan sesuai dengan passion dan pengalaman industri

Kegiatan webinar ini terselenggara karena Prodi SI Udinus lolos pendanaan hibah kurikulum MBKM dari Dikti. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.