Mabes Polri Bagikan Tips Aman Berkendara Saat Pandemi Covid-19

(Sumber : tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang untuk mengubah cara hidup, termasuk saat berkendara. Selain perlengkapan standar seperti helm, pengendara juga perlu melakukan beberapa hal.

Berikut tips aman berkendara saat pandemi Covid-19 :

Selalu Pakai Masker

Saat ini masker merupakan wajib yang harus dikenakan setiap orang, tak terkecuali pengendara, terutama apabila sedang berada di luar rumah. Masker yang dulu hanya untuk melindungi dari debu, kini juga memiliki fungsi untuk melindungi diri dan orang lain dari penyebaran Covid-19.

Memakai Sarung Tangan

Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan sarung tangan. Beberapa di antaranya adalah melindungi tangan dari panas Matahari dan debu. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, sarung tangan juga membantu kita untuk menjaga kebersihan tangan, saat berkendara. Walaupun demikian, mengenakan sarung tangan saja tidak cukup. Kita tetap perlu mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, untuk mencegah tangan kita dari kemungkinan terkena virus, termasuk SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Gunakan Perlengkapan Berkendara Milik Pribadi

Menggunakan perlengkapan berkendara, seperti helm dan sarung tangan milik pribadi, juga merupakan upaya yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19. Dengan cara itu, kita tidak menggunakan perlengkapan berkendara, bergantian dengan orang lain.

Bersihkan Perlengkapan Berkendara Sebelum dan Setelah Digunakan

Pengendara juga perlu membersihkan seluruh perlengkapan bermotor, sebelum dan sesudah berkendara. Cara yang bisa dilakukan adalah menyemprotkan disinfektan, pada bagian-bagian yang sering tersentuh. Hal ini penting, karena virus tersebut bisa berpindah ke tangan Anda apabila Anda tidak menyemprotkan cairan anti bakteri.

Dengan cara seperti ini, kita sudah berperan untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19, baik pada diri sendiri maupun orang lain. (Sumber : tribratanews.polri.go.id – HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.