Luncurkan Gerakan Isi Masjid dengan Sejuta Sajadah, Pemuda Pancasila Diapresiasi Wapres

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin (Foto : Wapresri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Penanganan Covid-19 memerlukan kolaborasi semua pihak, baik pemerintah, organisasi non-pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat.

Salah satu upaya yang diperlukan adalah proses percepatan penanganan Covid-19 yang berbasis masyarakat, termasuk dalam memanfaatkan masjid sebagai tempat berkumpulnya masyarakat.

“Saya mendukung inisiatif Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila, untuk memanfaatkan masjid atau rumah ibadah, tidak hanya sebagai sarana ibadah, tetapi juga menjadi sarana pendidikan dan pembinaan umat, termasuk dalam hal pencegahan dan penanganan risiko bencana, khususnya pandemi Covid-19,” ungkap Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin dalam Launching Gerakan Nasional Mengisi Masjid Dengan 1.000.000 Sajadah Pelindung Covid-19, dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, kemarin seperti dirilis Wapresri.go.id.

Lebih lanjut Wapres berharap agar inisiatif ini dapat dilakukan secara lebih luas di seluruh Indonesia.

“Gerakan nasional ini, saya harapkan dapat diimplementasikan secara lebih luas di tingkat daerah, melalui cabang organisasi Pemuda Pancasila yang tersebar di seluruh Indonesia, untuk dapat membantu percepatan penanganan Covid-19 berbasis masyarakat dan komunitas masjid,” ujarnya.

Menurut Wapres, penanganan Covid-19 memerlukan segala upaya, baik fisik maupun nonfisik, termasuk doa dan rasa optimisme.

“Kita semua memahami, bahwa dalam menangani wabah Covid-19 dibutuhkan rasa optimisme dan ikhtiar yang sungguh-sungguh, serta tetap berdoa kepada Allah Swt, agar kondisi dapat segera normal kembali dan kita semua terhindar dari segala bentuk bencana di masa yang akan datang,” imbuh Wapres.

 

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Puan Maharani, menyampaikan apresiasi terhadap gerakan yang dilakukan oleh Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila dalam mendukung usaha pelaksanaan ibadah di tengah pandemi.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Pemuda Pancasila yang melakukan aksi gotong royong. Dengan adanya ini, kita semua dapat menjalankan ibadah salat berjamaah secara aman di tengah pandemi,” ucap Puan.

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolik sajadah pelindung Covid-19 dari Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Peluncuran gerakan nasional ini, dihadiri oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, serta Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno.

Hadir mendampingi Wakil Presiden dalam acara ini, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.